Fakta Menarik Pulau Sumatera, dari Sejarah hingga Kondisi Geografis

Cicin Yulianti - detikEdu
Rabu, 23 Nov 2022 12:00 WIB
Pulau Sumatra dari antariksa
Pulau Sumatra dilihat dari luar angkasa (Foto: NASA)
Jakarta -

Pulau Sumatera adalah pulau terbesar ke-6 di dunia yang memiliki keragaman hayati serta didiami penduduk dengan beragam budaya. Sumatera bahkan memiliki luas yang lebih besar daripada negara Inggris dan pulau utama Jepang atau Honshu.

Pulau yang masyarakatnya terkenal sebagai perantau ini memiliki banyak ciri khas lain mulai dari peninggalan-peninggalan sejarahnya, kearifan lokal yang masih melekat, masakan-masakan ciri khasnya hingga satwa-satwa dilindungi.

Sebelum menjadi pulau yang dikenal dengan kebudayaan dan sumber daya alam yang beragam, Pulau Sumatra memiliki sejarah dan kondisi geografisnya yang menarik juga lho.

Bagaimana sejarah dari Pulau Sumatera? Juga, bagaimana kondisi geografis terkininya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Pulau Sumatera

Berbicara soal sejarah, Sumatera memiliki banyak jejak sejarah. Mulai dari sejarah perkembangan perdagangan, sejarah kerajaan-kerajaan Buddha hingga Islam. Oleh karena itu, Pulau Sumatera memiliki peran dalam memajukan peradaban di Nusantara ini.

Mengutip buku Menuju Sejarah Sumatra Antara Indonesia dan Dunia oleh Anthony Reid (2011), Pulau Sumatera memiliki nama Taprobana yang diberikan oleh Ptolemeus yang berarti bahwa Pulau Sumatera merupakan salah satu bagian penting dari "tanah emas" yang disebutkan dalam kisah kepahlawanan India dan para kelana Islam.

Sejarah mencatat, bahwa Pulau Sumatera pernah berjaya di masa lalu saat ada dalam penguasaan kerajaan Sriwijaya. Pada masa kerajaan Sriwijaya, Sumatra dikenal sebagai tempat transit para pedagang dari mancanegara. Tempat-tempat yang menjadi wilayah aktif para pedagang adalah Selat Sunda dan Selat Malaka.

Menurut keterangan yang didapat dari prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya, bahasa yang pertama kali digunakan di Sumatera adalah bahasa Melayu. Adapun sebutan Minangkabau adalah daerah yang berpenduduk padat, di mana penduduknya menghasilkan beras dan emas. Hal tersebut menjadi salah satu warisan dari kejayaan Sriwijaya pada masanya.

Selain terkenal dengan kerajaan Buddha-nya, Pulau Sumatera pun terkenal menjadi pintu masuk Islam ke Indonesia. Hal tersebut diketahui lewat catatan Marcopolo dan beberapa peninggalan kerajaan Samudra Pasai seperti makam Sultan Malik al-Saleh dan batu nisannya.

Bahkan, dalam catatan sejarah, kerajaan Samudra Pasai pernah didatangi penulis dan penjelajah besar dunia seperti Ibnu Battuta pada tahun 1323 M. Kerajaan Samudra Pasai membuat Sumatra terkenal sebagai daerah penyebar Islam terbesar di Asia Tenggara pada saat itu.

Keberadaan kerajaan-kerajaan tersebut menjadi tonggak berkembangnya agama serta kebudayaan di Pulau Sumatera. Hingga saat ini pun, Pulau Sumatera terkenal dengan pulau yang masyarakatnya masih menerapkan hukum Islam secara ketat, contohnya Provinsi Aceh.

Kondisi Geografis dan Letak Astronomis

Dalam memahami sebuah wilayah, kita perlu memahami kondisi geografisnya juga. Oleh karena itu, mengutip buku Sejarah Sumatra: Kondisi Geografis Sumatra oleh W. Marsden (2022), berikut adalah kondisi geografis dari Pulau Sumatra:

· Letak dan Luas Pulau

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau dengan luas sekitar 473.481 km2 dan terletak di wilayah Samudra Hindia bagian timur. Bagian barat dari Pulau Sumatera dikenal juga sebagai wilayah Malaya (Melayu) yang berada di wilayah Nusantara.

· Garis Lintang

Secara astronomis berdasarkan garis lintangnya, Pulau Sumatera terletak pada 6o LU (Lintang Utara) hingga 6o LS (Lintang Selatan). Di sebelah timur, terdapat Laut Cina Selatan sedangkan di sebelah timur laut terdapat Selat Malaka.

· Garis Bujur

Berdasarkan garis bujur, Pulau Sumatra terletak pada 95o BT (Bujur Timur) hingga 105o BT.

· Daftar Provinsi

Pulau Sumatera memiliki 10 provinsi, yakni:

1. Provinsi Sumatera Barat

2. Provinsi Sumatera Utara

3. Provinsi Riau

4. Provinsi Aceh

5. Provinsi Bengkulu

6. Provinsi Jambi

7. Provinsi Lampung

8. Provinsi Sumatera Selatan

9. Provinsi Kepulauan Riau

10. Provinsi Bangka Belitung



Simak Video "Melihat Lokasi Reklamasi Pulau G yang Akan Jadi Permukiman"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia