Sejarah Penemuan Kertas, Ditemukan oleh Pejabat Istana China

Sejarah Penemuan Kertas, Ditemukan oleh Pejabat Istana China

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 22 Nov 2022 19:30 WIB
Ilustrasi Buku Tua
Foto: AliceKeyStudio/Pixabay/ilustrasi kertas
Jakarta -

Kertas menjadi salah satu penemuan penting dalam sejarah peradaban manusia. Meski dunia teknologi terus berkembang, namun penggunaan kertas masih belum berkurang. Sebut saja untuk buku, surat-surat, hingga struk pembelian.

Dikutip dari Wonderopolis, diketahui manusia sudah menulis selama ribuan tahun bahkan sebelum kertas ada.

Beberapa orang mengukir kata-kata di atas lempengan tanah liat atau batu. Kemudian ada juga yang menulis di atas sutra, papirus, bambu, atau dedaunan.

Di Tiongkok, orang kuno menulis di atas bambu. Mereka menggunakan potongan bambu panjang dan mengikat potongan-potongan itu untuk membuat layaknya buku.

Proses ini sangat panjang dan membuat buku-buku bambu itu sangat berat dan sulit dibawa. Alasan ini yang kemudian dijadikan latar belakang munculnya penemuan kertas.

Ditemukan oleh Cai Lun Tahun 105 M

Sekitar 2.000 tahun yang lalu atau pada tahun 105 M, pejabat istana di China bernama Cai Lun mecoba mencari cara yang lebih baik untuk menulis dan membaca selain dengan bambu.

Cai memiliki ide untuk mencampur kulit pohon, rami, jaring ikan, dan kain. Hasilnya adalah bahan yang lebih ringan sehingga mudah untuk ditulisi. Bahan itulah yang kemudian dikenal dengan kertas.

Setelah membuatnya, Cai Lun kemudian membawa penemuan itu ke kaisar Tiongkok. Semakin hari, Cai dan muridnya, Zuo Bo, terus memperbaiki proses pembuatan kertasnya.

Kertas Cai Lun Mulai Menyebar ke Asia hingga Eropa

Tidak butuh waktu lama, penggunaan kertas menyebar ke seluruh China. Kemudian selama abad ke-8, sekitar 300 tahun setelah penemuan Cai, kertas mulai menyebar ke wilayah yang kini menjadi Timur Tengah.

Lalu 500 tahun setelahnya, pembuatan kertas baru mulai memasuki Eropa. Salah satu pabrik kertas pertama dibangun di Spanyol, dan tak lama kemudian, kertas dibuat di pabrik-pabrik di seluruh Eropa.

Sejak ditemukan pada 105 M, kertas hampir tidak berubah bahan dasarnya. Seluruh pembuatan kertas umumnya memiliki bahan dari pohon. Hanya saja, saat ini kertas diproduksi dalam berbagai bentuk dan warna untuk berbagai tujuan penggunaan.



Simak Video "Ini Penampakan Uang Kertas Baru Potret Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia