Pernah Hitung Banyaknya Bulu Mata? Segini Jumlahnya

Pernah Hitung Banyaknya Bulu Mata? Segini Jumlahnya

Cicin Yulianti - detikEdu
Minggu, 20 Nov 2022 14:00 WIB
ekstension bulu mata
Ilustrasi bulu mata (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Bulu mata adalah struktur anatomi penting bagi manusia. Bulu mata memiliki peran penting dalam melindungi kornea mata dari partikel-partikel.

Selain itu bulu mata acapkali dimodifikasi dengan berbagai cara. Dibuat lebih tebal dan lentik demi meningkatkan kecantikan wajah dan mata.

Dikutip dari National Library of Medicine bulu mata tumbuh 0,12-0,14 mm per hari, Lebih lambat dibandingkan dengan rambut di kepala yang tumbuh 0,2-1,1 mm per hari.

Bulu mata juga mengalami kerontokan seperti rambut. Dari tumbuh hingga akhirnya rontok, bulu mata harus menjalani 3 fase.

Pertama, fase pertumbuhan saat akar rambut membelah memanjangkan batang atau anagen yang bervariasi dari 4-10 minggu.

Lalu fase degradasi atau catagen selama bulu mata menjalani proses akhir pertumbuhan selama 15 hari. Kemudian fase istirahat atau telogen yang menyebabkan kerontokan, berlangsung 4-9 bulan

Jumlah Bulu Mata

Pernahkah kamu menghitung jumlah bulu mata?

Ternyata jumlah bulu mata pada manusia ada 75 sampai 80 pada kelopak mata bawah. Nah yang melekat di kelopak mata atas lebih banyak. Kelopak mata atas memiliki 90 sampai 160 bulu mata. Panjang bulu mata pun bervariasi setiap orangnya.

Panjang bulu mata tumbuh tidak melebihi 12 mm dan kemudian rontok dengan sendirinya. Selain itu, bulu mata umumnya tidak perlu dirapikan kecuali terjadi pertumbuhan yang berlebihan.

Hanya saja ada pengecualian buat perempuan bernama You Jianxia dari Shanghai, China. Ia memegang rekor dunia untuk bulu mata terpanjang di tahun 2018. Coba bayangkan bulu mata berukuran panjang 12,40 cm!

Struktur Bulu Mata

Jika diurutkan, bulu mata memiliki lapisan terluar yakni kutikula yang tebalnya sekitar tujuh sampai sepuluh lapis dan terdiri dari sisik transparan yang saling tumpah tindih.

Kemudian lapisan berikutnya adalah korteks atau bagian bulu mata yang paling tebal dan terdiri dari keratin. Pada lapisan ini, terdapat melanin.

Folikel bulu mata tidak memiliki otot arrector pili. Oleh karena itu, bulu mata tidak berubah posisi dalam keadaan ini. Folikel bulu mata terhubung ke dua jenis kelenjar sekretori yakni kelenjar Zeiss dan kelenjar Moll.



Simak Video "Pereka Replika Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia