Sambut KTT G20, Ini Filosofi Hiasan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Sambut KTT G20, Ini Filosofi Hiasan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 11 Nov 2022 08:30 WIB
Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai
Foto: dok. Kemenhub/Sambut KTT G20, Ini Filosofi Hiasan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai
Jakarta -

Kepala-kepala negara dan delegasi yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan disambut di terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. KTT G20 akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang.

Terminal VVIP Bandara Internasional yang diberi nama Kreta Bhawana Sanggraha itu mempunyai luas 1.700 meter dan dibangun selama 3,5 bulan. Bangunan tersebut juga telah diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (8/11/2022) lalu.

Menurut arsitek yang mendesain, I Wayan Kastawan, ada filosofi serta makna mendalam di balik desain terminal tersebut.

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki lukisan Kamasan dan ukiran Astalla Padma Bhuana di bagian plafon utama. Sementara, di tengah ruangan pun ada cerminan plafon utama yang melambangkan kehidupan.

Ukiran pada pintu utama adalah khas ukiran flora dari Bali Utara yang dipadukan dengan keterampilan pembuatan relief dan patung. Selain itu, ada Singa Ambara Raja di pintu masuk utara (Gumendung).

Lukisan Kamasan soal Epos Ramayana

Lukisan Kamasan menjadi keunikan tersendiri dalam interior terminal VVIP yang akan menyambut tamu KTT G20. Lukisan ini adalah tentang epos Ramayana yang menginspirasi karena sarat nilai moral.

Kamasan disebut sebagai induk dari seni lukis wayang kulit Bali. Desa tersebut juga menjadi bagian dari geliat riwayat seni lukis di Pulau Dewata. Desa Kamasan dikenal sebagai gudang karya seni lukis klasik.

Filosofi Lukisan Astalla Padma Bhuana

I Wayan Kastawan menjelaskan, plafon utama berhiaskan ukiran Astalla Padma Bhuana. Ukiran ini memiliki 8 helai daun teratai yang setiap kelopaknya adalah simbol dewa dalam keagamaan Hindu di Bali.

"Ada 8 helai daun teratai yang disebut Asta Dala, masing-masing memiliki arti," kata Kastawan kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (10/11/2022).

Helai utara adalah lambang Dewa Wisnu, timur melambangkan Iswara, barat lambang Mahadewa, timur laut melambangkan Sambhu, tenggara melambangkan Mahesora, selatan melambangkan Brahma, dan barat daya melambangkan Rudra.

"Di lantainya juga terdapat cerminan dari teratai Asta Dala. Jadi melambangkan pertemuan alam atas dan alam bawah, yang menciptakan kehidupan," lanjut Kastawan.

Filosofi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai juga akan diperkenalkan kepada kepala negara dan delegasi puncak KTT G20. Menurut Kastawan, akan ada guide book yang menjelaskan arti setiap desain, lukisan sampai ukiran yang dibuat.



Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia