Mengenal Titik Paling Ujung Kepulauan di Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

Mengenal Titik Paling Ujung Kepulauan di Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 09 Nov 2022 20:00 WIB
Wisatawan melakukan penyelaman di lokasi menyelam Batee Tokong, Sabang, Aceh, Sabtu (9/10/2021). Kemenparekraf menyatakan Sabang merupakan salah satu destinasi wisata bahari terbaik dengan keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia dengan beberapa lokasi penyelaman di antaranya The Canyon, Batee Tokong, Pulau Rondo dan Arus Balee. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA/ Sabang, titik paling utara kepulauan Indonesia
Jakarta -

Detikers pasti tidak asing dengan lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Siapa sangka kalau Sabang dan Merauke ternyata nama kota paling ujung di Kepulauan Indonesia? Yap, keduanya menjadi pintu masuk dari masing-masing sisi.

Terdapat empat titik ujung dari Kepulauan Indonesia, yaitu titik paling barat, titik paling utara, titik paling selatan, dan titik paling timur. Lantas, di mana letak persis titik-titik tersebut? Melansir dari unggahan Instagram resmi Ditjen GTK Kemdikbud pada Rabu (9/11/2022), berikut pemaparannya.

Titik-titik Ujung Kepulauan Indonesia

1. Titik Paling Barat

Titik paling barat Indonesia berada di Pulau Benggala, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Pulau ini terletak tepat di sebelah barat Pulau Weh.

Secara geografis, Pulau Benggala terletak pada 5° 47′ 34″ Lintang Utara dan 94° 58′ 21″ Bujur Timur. Mengutip dari laman Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, pulau ini disebut dengan Batu Tigabelas oleh masyarakat sekitar.

Hal itu dikarenakan Pulau Benggala terdiri dari beberapa batu hitam di tengah Selat Benggala di ujung barat laut Pulau Sumatera. Gundukan batu yang jaraknya berdekatan itu membentuk suatu gugusan pulau, yakni Benggala.

2. Titik Paling Utara

Selanjutnya, titik paling utara Indonesia ada di Pulau Rondo, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Dari segi geografis, Pulau Rondo berada di 16°4′30″ Lintang Utara dan 95°6′45″ Bujur Timur.

Pulau Rondo berada di ujung utara Sumatera dan ujung barat Pulau Weh. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh beberapa pos Tentara Nasional Indonesia (TNI).

3. Titik Paling Selatan

Pulau Pamana menjadi titik paling selatan Indonesia. Pulau ini terletak di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara dengan letak di koordinat 11°00′36″LS 122°52′37″BT.

Pamana terletak di sebelah barat daya Pulau Rota. Wilayahnya termasuk ke dalam Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

4. Titik Paling Timur

Titik paling timur Indonesia adalah Muara Torasi yang terletak di Kampung Kondo, Kecamatan Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Secara geografis, Muara Torasi terletak di 9°07′43″ LS 141°1′10″ BT. Sebagai wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, muara ini dijaga ketat.

Itulah pembahasan mengenai empat titik ujung Kepulauan Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Alasan Pemerintah Cabut MoU Pengelolaan Kepulauan Widi oleh PT LII"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia