Top! Ini 8 Desain Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia

Top! Ini 8 Desain Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 03 Nov 2022 17:00 WIB
Rumah Botol Ridwan Kamil
Foto: Instagram/@fatyanosa
Jakarta -

Dikenal sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga aktif sebagai seorang arsitek. Kemampuannya dalam bidang arsitektur tidak diragukan lagi, terlebih banyak karyanya yang mendunia.

Selain menjadi alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Kamil juga sempat mengenyam pendidikan di College of Environmental Design, University of California. Kini, dirinya memiliki sebuah firma arsitektur yang diberi nama Urbane.

Melalui Urbane, Ridwan Kamil merancang berbagai bangunan ikonik di Indonesia dan negara-negara Asia, lho. Dikutip dari unggahan resmi Instagram @disdikjabar pada Kamis (3/11/2022), berikut karya arsitektur Ridwan Kamil yang mendunia.

Karya-karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia

1. Beijing Finance Street Tiongkok

Siapa sangka kalau Beijing Finance Street Block yang terletak di Tiongkok ternyata karya Ridwan Kamil? Yap, karya ini sempat diunggah di Instagram resminya pada tahun 2015 lalu dengan menunjukan foto Gedung Beijing Finance Street.

"Ini salah satu karya urban design saya sebelum jadi wali kota. Pusat bisnis di Beijing. Namanya Beijing Finance Street. Bandung Teknopolis akan seperti ini insya Allah," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.

2. Ningbo Newton Tiongkok

Karya arsitektur Ridwan Kamil selanjutnya adalah Ningbo Newton Tiongkok. Proyek yang ia kerjakan pada tahun 2022 ini merupakan perombakan kota Ningbo di Tiongkok untuk menjadi lebih modern.

"Bahagia itu adalah dikasih tahu kalau kota baru di Ningbo Newton di Cina yang saya desain 13 tahun lalu, sekarang sudah jadi. Salah satu anugerah terbesar Allah kepada kita adalah daya imajinasi. Mari gunakan sejauh mungkin," tulisnya di akun Instagram 2016 silam.

3. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami AcehaMuseum Tsunami Aceha Foto: (Agus Setiadi/detikTravel)

Detikers tahu Museum Tsunami Aceh? Diresmikan tahun 2009, bangunan ini juga jadi salah satu karya Ridwan Kamil lho. Kala itu, Gubernur Jawa Barat tersebut memenangkan sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional pada 2007.

Sumur Doa menjadi tempat paling ikonik dari museum tersebut. Museum Tsunami Aceh dihiasi dengan lafaz Allah di atas bangunan. Sementara itu, di sekeliling dindingnya terdapat nama-nama korban yang meninggal akibat bencana tsunami.

4. Rumah Botol Bandung

Pernah lihat rumah yang dindingnya terdiri dari ribuan botol bekas? Nah, kediaman pribadi Ridwan Kamil ternyata dirancang dari 30 ribu botol bekas.

Diberi nama Rumah Botol Bandung, bangunan ini merupakan tempat tinggal Ridwan Kamil dan keluarga sebelum menjadi Wali Kota Bandung. Saking uniknya, rumah ini meraih penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) tahun 2009 silam.

5. Marina Bay Waterfront Master Plan Singapura

Marina Bay menjadi destinasi wisata yang cukup terkemuka di Asia. Ridwan Kamil ternyata merupakan salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek Marina Bay Water Front Master Plan.

Gedung ikonik yang terletak di Singapura itu memiliki bentuk bangunan kapal yang berdiri di atas tiga gedung pencakar langit sebagai fondasinya.

6. Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza

Masjid Syaikh 'AjlinMasjid Syaikh 'Ajlin Foto: Instagram @ridwankamil

Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza, Palestina juga merupakan karya arsitektur Ridwan Kamil. Masjid yang ia rancang ini sebetulnya telah didirikan pada 1957 di perkampungan Syaikh 'Ajlin yang berada di tepi pantai dan direnovasi beberapa kali.

Sayangnya, rumah ibadah itu hancur setelah serangan Israel pada 2004 silam. Ridwan Kamil turut serta dalam renovasi masjid yang dimulai tahun 2021 lalu.

7. Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 kubah di Makassar diketahui didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tak tanggung-tanggung, biaya pembangunan masjid ini mencapai Rp 176 miliarMasjid 99 kubah di Makassar diketahui didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tak tanggung-tanggung, biaya pembangunan masjid ini mencapai Rp 176 miliar Foto: ANTARA/ARNAS PADDA

Karya arsitektur lainnya dari Ridwan Kamil adalah Masjid 99 Kubah. Bangunan ini berdiri pada 2017 ketika Ridwan Kamil masih menjadi Wali Kota Bandung. Makna jumlah 99 pada kubah mengacu pada Asmaul Husna.

8. Masjid Al Irsyad Padalarang

Masjid Al Irsyad di Padalarang Kabupaten Bandung Barat.Masjid Al Irsyad di Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Foto: Whisnu Pradana

Masjid lainnya yang dirancang oleh Ridwan Kamil adalah Masjid Al Irsyad di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Rumah ibadah ini dirancang dengan bentuk unik seperti kubus besar tanpa kubah.

Ridwan Kamil mendesainnya mirip seperti Ka'bah di Masjidilharam Makkah, Arab Saudi. Arah kiblat dibuat langsung menghadap lanskap alam. Desain masjid ini meraih beberapa penghargaan.

Mulai dari Top 5 Best Building of The Year 2019 oleh ArchDaily, sebuah penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards pada 2018. Serta termasuk ke dalam daftar 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine pada 2018.

Nah, itulah karya arsitektur Ridwan Kamil yang mendunia. Tertarik berkunjung ke salah satunya detikers?



Simak Video "Pilih Masuk Golkar, Ridwan Kamil Dinilai Incar Tiket Cawapres"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia