9 Fakta Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Diciptakan di Samping Keraton Jogja

9 Fakta Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Diciptakan di Samping Keraton Jogja

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 27 Okt 2022 16:00 WIB
Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah
Fakta menarik lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Foto: Rachman_Foto
Jakarta -

Lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa diciptakan oleh Liberty Manik atau yang biasa dikenal sebagai L. Manik. Lagu tersebut sederhana, tetapi memiliki arti dan makna nasionalisme yang dalam.

L. Manik adalah guru yang mempunyai perhatian terhadap musik dan penulis yang memiliki semangat perjuangan dan nasionalisme. Sebagai guru musik, dia selalu berpesan supaya membuat lagu yang mudah dinyanyikan orang, sistematis, dan memiliki nilai-nilai mengikat antara syair dan melodi, sehingga mudah dinyanyikan.

L. Manik merupakan sosok yang dikenal sebagai pemersatu bangsa melalui musik. Syair Satu Nusa Satu Bangsa ciptaannya terinspirasi dari pengalaman dan penderitaan rakyat pada awal proklamasi Kemerdekaan RI.

Mengenai lagu tersebut, disebutkan dalam Seniman Batak dari Masa ke Masa karya Flores Tanjung, Abdul Haris Nasution, dan Lister Eva Simangunsong, ada beberapa hal menarik terkait dengannya. Apa saja?

Fakta-Fakta Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

1. Lagu Satu Nusa Satu Bangsa diciptakan tahun 1947 di suatu tempat di samping Kraton Yogyakarta.

2. Menurut L. Manik, lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah jenis musik rakyat atau musik folk karena lebih mengutamakan perasaan khalayak ramai dalam membentuk kesatuan rakyat dan bangsanya.

3. Lagu ini lahir sebagai wujud rasa kejuangan dan cinta Tanah Air, serta keinginan akan persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Satu Nusa Satu Bangsa pertama kali diperdengarkan di Radio Republik Indonesia Yogyakarta pada Juni 1947 (Sijabat, 1968:215). https://www.detik.com/tag/satu-nusa-satu-bangsa/

5. Tujuan penciptaan lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah semata-mata ingin mempersatukan seluruh rakyat Indonesia supaya terhindar dari segala bentuk separatisme, utamanya setelah kemerdekaan Indonesia.

6. Lagu ini bermaksud memberikan semangat kepada rakyat Indonesia sekaligus alat pemersatu bangsa untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan saat Belanda menyerang dan merebut kembali wilayah Indonesia tahun 1947 (agresi militer).

7. Makna lirik "Satu nusa satu bangsa satu bahasa kita" adalah Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang rakyatnya bersatu dengan bahasa satu, bahasa Indonesia.

8. Makna lirik "Tanah air pasti jaya untuk selama-lamanya" adalah persatuan dan kesatuan akan mewujudkan kejayaan.

9. Lirik "Indonesia pusaka, Indonesia tercinta, nusa bangsa dan bahasa kita bela bersama" mengandung arti bahwa Indonesia dengan segala kekayaannya adalah harta paling berharga.

Tema syair lagu Satu Nusa Satu Bangsa dikenal sejak Kongres Pemuda tahun 1928 dan pada masa awal revolusi terasa amat penting guna mempersatukan bangsa. Tekad bersatu dan mempertahankan kemerdekaan pun dirangkai ke dalam syair dan nada sederhana, tetapi mampu membangkitkan rasa khidmat dan haru. Oleh sebab itulah rakyat Indonesia tidak kesulitan menyanyikan dan melafalkannya.



Simak Video "Mengintip Dapur Keraton Jogja, Cicipi Menu Makanan Sultan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia