Peneliti Ungkap Bakteri Bisa Hidup di Mars hingga 280 Juta Tahun

Peneliti Ungkap Bakteri Bisa Hidup di Mars hingga 280 Juta Tahun

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 27 Okt 2022 09:00 WIB
Mars the red planet black background
Bakteri diperkirakan bisa hidup di Mars selama ratusan juta tahun (Foto: Getty Images/iStockphoto/Martin Holverda)
Jakarta -

Dalam sebuah penelitian, ilmuwan menyebut bakteri kemungkinan bisa hidup di bawah permukaan Mars jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Bahkan hingga 280 juta tahun lamanya.

Ini menjadi salah satu peluang bagi para ilmuwan untuk menemukan bukti bahwa planet merah itu pernah menampung kehidupan, sebagaimana dilansir New Scientist pada Rabu (26/10/2022).

Sejumlah percobaan sebelumnya untuk menguji daya tahan mikroorganisme dari radiasi intens di planet Mars menggunakan bakteri terhidrasi pada suhu kamar. Mikroorganisme ini diperkirakan dapat bertahan hidup paling lama "hanya" satu juta tahun.

Eksperimen Terbaru Menggunakan Bakteri Kering dan Ragi

Lain halnya dengan eksperimen terbaru yang dilakukan oleh Brian Hoffman dari Northwestern University di Illinois, Amerika Serikat bersama rekan-rekannya. Mereka menggunakan cara yang berbeda dengan mengeringkan berbagai bakteri dan ragi serta membekukannya sebelum terpapar dengan radiasi di Mars, lalu mengukur kerusakannya.

"Ada penggandaan resistensi yang fenomenal ketika air dibuang dan mendinginkannya," jelas Hoffman.

Usai dilakukan pemeriksaan, peneliti menemukan sampel hanya rusak sedikit oleh radiasi, sehingga mereka memperkirakan bakteri dapat bertahan di lingkungan permukaan Mars yang kering dan dingin hingga 280 juta tahun.

Ketika bakteri beku serta kering terkena air dalam kurun waktu tertentu, peneliti menyebut mikroorganisme itu akan kembali aktif dari kondisi dorman mereka.

Kemungkinan untuk menemukan mikroorganisme dalam kondisi yang hidup pun menurut peneliti menjadi meningkat, namun tetap saja tidak besar.

Mars Diperkirakan Telah Mengering 3 Miliar Tahun Lalu

Planet Mars diperkirakan mengering sekitar 3 miliar tahun yang lalu, jadi bahkan bakteri apa pun kemungkinan besar sudah mati sekarang.

Umur panjang bakteri di sisi lain dapat memudahkan para ilmuwan untuk menemukan bukti kehidupan yang pernah hidup di Mars. Namun, ketika para penjelajah luar angkasa tiba di sana, hal itu bisa jadi membuat bakteri terkontaminasi dengan organisme yang dibawa dari Bumi.

"Jika kita mencemari area tempat kita mendarat, bagaimana kita tahu dan bisa membedakan mana bakteri dari Mars dengan yang kita bawa dari Bumi. Ini bisa membuat kesulitan menentukan apakah memang benar ada kehidupan di Mars atau tidak," kata Hoffman.



Simak Video "Mars Rayakan Tahun Baru Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia