Kedermawanan Rasulullah Digambarkan Melebihi Tiupan Angin Kencang

Kedermawanan Rasulullah Digambarkan Melebihi Tiupan Angin Kencang

Kristina - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 05:00 WIB
ilustrasi nabi muhammad
Ilustrasi kedermawanan Nabi Muhammad SAW melebihi tiupan angin kencang. Foto: iStock
Jakarta -

Rasulullah SAW adalah sosok yang dermawan. Dalam salah satu hadits shahih disebutkan, kedermawanan beliau melebih tiupan angin kencang.

Hadits tersebut diriwayatkan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas yang menceritakan,

"Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur'an. Dan kedermawanan Rasulullah Saw melebihi angin kencang yang bertiup."

Sifat dermawan Rasulullah SAW juga disebutkan dalam hadits lain. Anas bin Malik berkata, "Nabi itu adalah sosok pemberani dan penderma." (HR Bukhari)

Mengutip buku Jalan Takwa Meraih Bahagia oleh Fajar Kurnianto, dalam hadits lain, Anas bin Malik juga pernah mendengar langsung bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Sata adalah salah satu anak keturunan Nabi Adam yang paling penderma. Dan orang-orang yang termasuk ke dalam golongan penderma setelah aku adalah orang-orang berilmu yang menyebarkan ilmunya, juga orang-orang yang mendermakan dirinya di jalan Allah." (HR At Tirmidzi)

Dalam riwayat lain dikatakan, Rasulullah SAW tidak pernah mengecewakan orang-orang yang meminta sesuatu kepada beliau. Bahkan, beliau pasti memberikan apa yang mereka minta jika memang beliau memilikinya.

Hal tersebut dikatakan oleh Ibnu Abbas, "Tidak ada yang meminta sesuatu pun kepada Nabi, selain pasti diberikannya." (HR Ahmad)

Salah seorang sahabat nabi, Jabir, juga mengatakan hal serupa. "Rasulullah tidak pernah diminta sesuatu oleh seseorang kemudian menjawab tidak (menolaknya)." (HR Ahmad)

Muhammad Fethullah Gulen mengatakan dalam An-Nur Al-Khalid Muhammad Mafkhirat Al-Insaniyah, Rasulullah SAW memang tidak pernah hidup hanya untuk diri beliau sediri, melainkan selalu hidup untuk orang lain dan demi kebahagiaan umat manusia.

Sifat dermawan memiliki sejumlah keutamaan. Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah SAW menyebut bahwa orang dermawan itu dekat dengan surga. Beliau bersabda,

السَّخِيُّ قَرِيْبٌ مِنَ اللهِ، قَرِيْبٌ مِنَ النَّاسِ، قَرِيْبٌ مِنَ الْجَنَّةِ بَعِيْدٌ مِنَ النَّارِ، وَالْبَخِيْلُ بَعِيْدٌ مِنَ اللهِ، بَعِيْدٌ مِنَ النَّاسِ، بَعِيْدٌ مِنَ الْجَنَّةِ، قَرِيْبٌ مِنَ النَّارِ، وَالْجَاهِلُ السَّخِيُّ أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ عَابِدٍ بِخَيْلٍ. - رواه الترمذى

Artinya: "Orang yang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. Sedangkan orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat dengan neraka. Orang jahil yang dermawan lebih disukai Allah daripada ahli ibadah yang kikir." (HR At-Tirmidzi)

Keutamaan lain juga disebutkan Imam Al Ghazali dalam Al-Mawaaidz Fil Ahaadits Al-Qudsiyyah. Ia menukil sebuah hadits qudsi yang berbunyi,

"Duhai manusia, perhatikanlah Aku, berdaganglah dengan-Ku, bergaulah dengan-Ku, masukkanlah Aku dalam labamu. Sesungguhnya Aku memiliki apa yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tak pernah terbesit dalam hati manusia. Gudang-Ku tak pernah habis dan berkurang. Aku Mah Memberi lagi Maha Dermawan."

Allah SWT juga telah memerintahkan orang-orang beriman untuk menginfakkan hartanya. Dia berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ ٢٦٧

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan, padahal kamu tidak mau mengambilnya, kecuali dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji." (QS Al Baqarah: 267)



Simak Video "Bangga! 5 Tahun Berturut-turut Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia