10 Sungai Terpanjang di Dunia, Nomor 1 Nil atau Amazon?

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Nomor 1 Nil atau Amazon?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 18 Okt 2022 14:00 WIB
FILE PHOTO: An aerial view of farmland on the Nile River Delta, Egypt, is pictured through a plane window February 15, 2016. REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/File Photo
Sungai Nil, salah satu sungai terpanjang di dunia. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Jakarta -

Sungai didefinisikan sebagai badan air tawar yang mengalir secara alami, bergerak dari elevasi yang tinggi ke lebih rendah, lalu bermuara ke samudra, danau, laut, atau sungai lainnya.

Sebetulnya, sulit untuk menentukan secara pasti sungai terpanjang di dunia dari sekian banyak sungai panjang di planet ini. Mengutip dari WorldAtlas, pada 2009 lalu, sebuah artikel peer-review yang diterbitkan dalam International Journal of Digital Earth menyatakan bahwa Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia.

Selain Sungai Nil, berikut ini beberapa sungai terpanjang di planet Bumi.

Sungai Terpanjang di Dunia

1. Sungai Nil

Sungai Nil memiliki panjang 6.650 km dan dikenal sebagai Ayah dari Sungai-sungai di Afrika. Sungai Nil dibentuk oleh dua anak sungai utamanya, yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Dua anak sungai itu bertemu di Khartoum, ibu kota Sudan.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon membentang sepanjang 6.400 kilometer dan mengaliri sekitar 40 persen Amerika Selatan. Sungai ini adalah yang terbesar di dunia dalam hal volume debit dengan rata-rata 209.103 meter kubik per detik. Lembahnya mencakup sekitar 750.000 kilometer persegi dan semua daerah aliran sungainya membentang di negara-negara Amerika selatan seperti Bolivia, Ekuador, Peru, Kolombia, Guyana, Brazil, dan Venezuela.

3. Sungai Yangtze

Panjang Sungai Yangtze adalah 6.300 kilometer dan mengaliri sekitar seperlima daratan China. Sungai ini berasal dari Bukit Jari yang terletak pada ketinggian 5.710 meter di Pegunungan Tanggula. Sungai Yangtze mengalir di sebelas provinsi di China, mulai dari Anhui, Hunan, Jiangsu, Hubei, Chongqing, Jiangxi, Sichuan, Qianghai, Shanghai, Tibet, dan Yunnan.

4. Sungai Mississippi-Missouri

Sistem Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson dianggap sebagai sungai terpanjang keempat di dunia dengan panjang 6.275 kilometer.

Sungai Mississippi sendiri adalah sungai terpanjang kedua di Amerika Utara yang membentang 3.770 kilometer dari asalnya di Danau Itasca hingga Delta Sungai Mississippi di Teluk Meksiko.

Sementara itu, sungai terpanjang di Amerika Utara, Sungai Missouri, memiliki panjang 3.767 kilometer dari sumbernya di Pegunungan Rocky sampai pertemuannya dengan Sungai Mississippi yang lebih rendah.

5. Sungai Yenisey-Angara-Selenga

Sistem Sungai Yenisey-Angara-Selenga sepanjang 5.539 kilometer dinilai sebagai sungai terpanjang ke-5 di dunia. Sistem sungai ini bermuara ke Samudra Arktik.

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning disebut juga Sungai Huang He. Sungai ini adalah sungai terpanjang kedua di China. Sungai Huang He berasal dari Pegunungan Bayan Hari di dekat ujung timur Prefektur Otonomi Tibet Yushu di Provinsi Qinghai. Sungai Kuning memiliki panjang 5.464 km.

7. Sungai Ob-Irtysh

Sistem Sungai Ob-Irtysh dianggap sebagai sungai terpanjang ketujuh di dunia. Sungai Ob naik di titik pertemuan Sungai Biya dan Katun di Pegunungan Altai. Kemudian, di sekitar 69 derajat bujur timur, Sungai Ob bergabung dengan Sungai Irtysh yang besar. Gabungan sistem Sungai Ob-Irtysh ini mengaliri area seluas 2.990.000 kilometer persegi.

8. Sungai Rio de La Plata-Parana-Rio Grande

Sungai Parana berasal dari titik pertemuan Sungai Rio Grande dan Paranaiba di selatan Brazil. Sungai itu kemudian bergabung dengan Sungai Paraguay dan Uruguay, membentuk Sungai Rio de la Plata yang selanjutnya bermuara ke Samudra Atlantik. Sistem sungai ini membentang sepanjang 4.880 kilometer.

9. Sungai Congo-Chambeshi

Sungai Congo adalah sungai terpanjang kedua di Afrika dan terbesar kedua di dunia dalam hal volume debit. Sementara itu, Sungai Chambeshi adalah hulu Sungai Congo yang berasal dari ketinggian 1.760 meter dekat Danau Tanganyika. Sistem sungai ini sendiri memiliki panjang 4.700 kilometer.

10. Sungai Amur-Argun-Kherlen

Sistem Sungai Amur-Argun-Kherlen melintang sepanjang 4.444 kilometer. Sungai Amur berasal dari titik pertemuan Sungai Argun dan Shilka di bagian barat Cina Timur Laut. Bersama dengan Sungai Amur, Sungai Argun membentuk sebagian batas timur antara Cina dan Rusia.

Sementara itu, Sungai Kherlen yang berasal dari lereng selatan Pegunungan Khentii mengalir ke arah timur dan akhirnya ke Danau Hulun. Airnya pun bertemu dengan Sungai Argun.

Itulah 10 sungai terpanjang di dunia. Kalau di tempat detikers, sungai apakah yang terpanjang?



Simak Video "Potret Sungai Terpanjang di Italia yang Mengering karena Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia