43 Link Twibbon Maulid Nabi 2022, Bisa Pakai di Media Sosial

43 Link Twibbon Maulid Nabi 2022, Bisa Pakai di Media Sosial

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 06 Okt 2022 14:30 WIB
Happy Mawlid al-Nabi Muhammad SAW greeting card
Ilustrasi. Ini link twibbon Maulid Nabi 2022. (Getty Images/iStockphoto/Agus Supriyatna)
Jakarta -

Hari besar Islam Maulid Nabi 2022 atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 12 Rabiul Awal. Keterangan tersebut dibuktikan dari salah satu riwayat hadits yang menjelaskan peristiwa tersebut diriwayatkan Imam Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas,

وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ

Artinya: "Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awwal, Tahun Gajah."

Berdasarkan hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau 570 Masehi, tepatnya pada hari Senin, di Kota Makkah. Keterangan ini diperkuat oleh riwayat hadits lain dari Abu Qatadah yang mengutip sabda Rasulullah SAW.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya: "Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al Quran (pertama kali)," (HR Muslim).

Adapun konversi sistem penanggalan dari Hijriah ke Masehi, tanggal 12 Rabiul Awal bertepatan dengan Sabtu, 8 Oktober 2022.
Di Indonesia, peringatan Maulid Nabi 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Hal ini tertuang dalam ketetapan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri 3 Menteri Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022. Isi ketetapan tersebut tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menteri PANRB Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Senada dengan itu, hasil pengamatan hilal yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), 12 Rabiul Awal 1444 H tersebut bertepatan dengan Sabtu, 8 Oktober 2022. Keputusan didasarkan dari kesaksian perukyat di 3 titik yakni Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Pekalongan, Jawa Tengah, dan Jakarta Utara.

"Berdasarkan ikhbar tersebut, maka Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal akan jatuh bertepatan pada Sabtu, 8 Oktober 2022 M," demikian keterangan yang dikutip dari laman NU Online.

Untuk itu, detikers bisa mulai mempersiapkan diri menyambut Maulid Nabi 2022 dimulai dari menyiapkan foto terbaik yang akan dipasang twibbon. Melansir dari situs Twibbonize, berikut daftar lengkap link twibbon bertemakan Maulid Nabi yang bisa digunakan.

Link Twibbon Maulid Nabi 2022

Cara Pakai Twibbon Maulid Nabi 2022

  • Klik salah satu link Twibbon Maulid Nabi 2022 di atas
  • Klik tombol Pilih Foto untuk memilih foto diri yang akan dipasang di Twibbon
  • Pilih foto yang ingin dimasukkan dari galeri atau foto diri menggunakan kamera HP
  • Atur posisi dan ukuran foto hingga pas, lalu klik tombol selanjutnya
  • Klik unduh foto
  • Pasang di media sosial dan foto profil aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain
  • Jika ingin mengajak teman menggunakan Twibbon yang sama, klik tombol Salin Pesan dan bagikan di media sosial atau aplikasi pesan.

Tidak hanya memasang memasang twibbon Maulid Nabi 2022 di media sosial, detikers juga bisa mengamalkan kesunnahan lain pada momen tersebut. Salah satunya yakni memperbanyak bacaan sholawat atas Nabi Muhammad SAW.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia