5 Sosok yang Datang Jelang Hari Kiamat, Tidak Hanya Dajjal

5 Sosok yang Datang Jelang Hari Kiamat, Tidak Hanya Dajjal

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 04 Okt 2022 06:00 WIB
kiamat
Ilustrasi. Ini 5 sosok yang datang jelang hari kiamat. (NASA)
Jakarta -

Kemunculan Dajjal mungkin menjadi tanda-tanda datangnya hari kiamat yang sudah banyak diketahui muslim. Ternyata, ada sejumlah sosok lain juga muncul bergantian maupun bersamaan dengan Dajjal jelang hari kiamat kelak.

Keterangan tersebut didasarkan pada pendapat ulama fiqih aliran Mazhab Syafi'i Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Pendapatnya terangkum dalam buku Teologi Al Banjari yang diterjemahkan oleh Khairil Anwar.

Meski waktu kedatangannya merupakan rahasia milik Allah SWT, tidak ada salahnya muslim memahami gambaran hari kiamat berdasarkan keterangan yang ada sebagai bentuk mengimani datangnya hari akhir.

5 Sosok yang Datang Jelang Hari Kiamat

1. Dabbah

Secara bahasa, Dabbah bermakna jenis binatang melata yang dapat berbicara. Dabbah memiliki ciri yang ganjil seperti didefinisikan Ibnu Abbas yakni, berambut dan berbulu dengan banyak warna, memiliki empat kaki, dan berwajah manusia.

Kedatangan Dajjal jelang hari kiamat disandarkan pada salah satu riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr. Ia mengutip perkataan Rasulullah SAW yang berbunyi,

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Bukti lainnya dikabarkan dalam surah An Naml ayat 82. Allah SWT berfirman,

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلٰغُ الْمُبِيْنُ

Artinya: "Apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami mengeluarkan makhluk bergerak dari bumi (Dabbah) yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia selama ini tidak yakin pada ayat-ayat Kami."

Abu Daud Ath Thayalisi dan Hakim mendengar cerita Hudzaifah RA soal cerita Rasulullah SAW tentang kemunculan Dabbah. Dijelaskan bahwa kemunculan Dabbah akan terjadi sebanyak tiga kali.

Pertama, Dabbah akan muncul di pedalaman hingga tidak banyak orang yang menyadarinya. Pada kemunculan kedua, Dabbah muncul di Majidil Haram dan barulah beritanya tersebar di pelosok sampai ke Makkah.

2. Imam Mahdi

Imam Mahdi adalah sosok pemimpin muslim menjelang hari kiamat kelak. Menurut keterangan hadits, Imam Mahdi diberi tugas selama 7-8 tahun lamanya dalam memimpin kelompok muslim.

يَخْرُجُ فِي آخِرِ أُمَّتِي الْمَهْدِيُّ يَسْقِيهِ اللَّهُ الْغَيْثَ، وَتُخْرِجُ الْأَرْضُ نَبَاتَهَا، وَيُعْطِي الْمَالَ صِحَاحًا، وَتَكْثُرُ الْمَاشِيَةُ وَتَعْظُمُ الْأُمَّةُ، يَعِيشُ سَبْعًا أَوْ ثَمَانِيًا، يَعْنِي حِجَجًا

Artinya: "Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun." (HR Al Hakim).

Hingga pada waktunya, pasukan Imam Mahdi akan terkepung oleh pasukan Dajjal di dalam Bayt al Maqdis. Di sinilah, Imam Mahdi berdoa kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan.

3. Dajjal

Dajjal digambarkan sebagai sosok pembohong dan pembawa fitnah yang besar. Ia muncul sebagai sosok yang ahli dalam agama dan cerdas dalam ilmu pengetahuan.

Sebab itulah, banyak orang yang tertipu dengannya dan menganggap dirinya sebagai Tuhan. Kemunculannya akan dilakukan Dajjal dengan mengembara ke seluruh pelosok dunia agar orang-orang mengakui kekuasaan dan menjadi pengikutnya.

Rasulullah SAW pernah bersabda,

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim).

Menurut Ustaz Khalillurrahman El-Mahfan dalam buku buku Kemunculan Dajjal & Imam Mahdi Semakin Dekat, saat ini Dajjal masih hidup dan tengah dibelenggu dengan rantai yang sangat kuat dan kokoh. Pada waktunya nanti, Dajjal akan lepas dari belenggunya dan mulai merusak bumi secara membabi buta.

4. Nabi Isa AS

Jelang hari kiamat, Nabi Isa AS turun bersama 70 ribu malaikat sebagai jawaban dari doa yang dipanjatkan Imam Mahdi kala terkepung oleh Dajjal dan pengikutnya. Keterangan ini disandarkan dari surah An Nisa ayat 159,

وَإِنْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

Artinya: "Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka."

Riwayat hadits lain mengatakan, Nabi Isa dan para malaikat turun untuk membunuh Dajjal untuk menciptakan keamanan di bumi, sekaligus menjadi pemimpin yang menghidupkan kembali syariat Nabi Muhammad SAW di tengah masyarakat.

5. Ya'juj dan Ma'juj

Berdasarkan keterangan hadits, Ya'juj dan Ma'juj muncul jelang hari kiamat setelah Dajjal terbunuh pada peristiwa sebelumnya. Saat itu, kondisi bumi sudah mulai aman sentosa.

Syekh Al Banjari mengatakan, Ya'juj dan Ma'juj akan datang mengepung Nabi Isa, Imam Mahdi, dan umat muslim lainnya yang berada di Bukit Thur. Namun, atas izin Allah SWT, Nabi Isa dan Imam Mahdi dapat mengalahkan pasukan Ya'juj dan Ma'juj tersebut

Bukti kemunculan kelompok penghancur bumi tersebut dijelaskan dalam surat Al Anbiya ayat 96,

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ

Artinya: "Hingga apabila (tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi."

Bahkan, Ahli Tafsir Imam Ahmad menambahkan, memberikan gambaran mengenai kemunculan Ya'juj dan Ma'juj sebagai pertanda hari kiamat. Mereka diceritakan akan turun dari gunung layaknya air bah yang mengalir dengan deras.

Berdasarkan keterangan hadits, saat ini Ya'juj dan Ma'juj masih terkurung dalam sebuah bangunan. Atas izin Allah, dinding tersebut terjaga kekuatannya hingga waktu yang ditentukan Allah SWT untuk terbuka jelang datangnya hari kiamat.



Simak Video "Bumi Makin Tua, Begini Cara Ilmuwan Menunda Kiamat "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia