Future Leader Summit ke-12 Digelar, Anak Muda Seluruh Indonesia Terlibat

Future Leader Summit ke-12 Digelar, Anak Muda Seluruh Indonesia Terlibat

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 29 Sep 2022 18:30 WIB
fls 2022
Foto: Dok. FLS 2022
Jakarta -

Future Leader Summit (FLS) 2022 sukses digelar September ini. Konferensi kepemudaan yang dinaungi oleh Nusantara Muda ini dilaksanakan pada 17, 24, dan 25 September 2022.

Pada kegiatan FLS ke-12 ini, tercatat ada 924 peserta yang mendaftar secara daring. Ratusan peserta ini kemudian melewati masa seleksi ketat sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di masing-masing room.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikEdu (29/9) FLS 2022 melibatkan 55 anak muda berusia 17-25 tahun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun tema yang diangkat pada FLS 2022 ini adalah "Arsitek Masa Depan, Menggambar Kembali Harapan 2030".

Tema ini dipilih berdasarkan pada status quo dunia yang telah menginjakkan kaki pada tahun ke-7 semenjak ratifikasi A/RES/70/1 "Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development" yang menyatakan bahwa dunia hanya memiliki sisa delapan tahun dalam merealisasikan apa yang diharapkan pada agenda tersebut.

Puluhan anak muda yang terlibat dalam FLS kali ini diharapkan dapat terlibat langsung dalam pembangunan masa depan yang diinginkan. Saat ini beberapa faktor masih dianggap sebagai penghambat, salah satunya adalah pandemi COVID-19.

"Dalam mengayomi harapan yang berkelanjutan, diperlukan komitmen yang perlu diperbarui secara nasional, seperti halnya pembaruan target dan komitmen untuk meluruskan pergerakan nasional pada Indonesia EMAS 2045. Semangat para pemuda yang dikerahkan untuk mencapai harapan bangsa akan diwadahi oleh Future Leader Summit 2022. Mari teman-teman delegates bersatu memberi dukungan guna mencapai masa depan bangsa Indonesia, serta maksimalkan diri kalian pada kesempatan ini," jelas Renasya Audiaputri, Chief Executive Officer FLS 2022.

6 Isu Utama pada FLS 2022

Pada FLS 2022 ini, ada enam isu utama yang diangkat. Masing-masing isu ini dikelompokkan dalam enam room berbeda.

Enam isu utama FLS 2022 adalah Health Architecture, Urban & Regional Planning, Renewable Energy, Economy, Social & Humanity, dan Education.

FLS berkolaborasi dengan lembaga terkait untuk mengajak para anak muda ini hadir dengan menyampaikan ide, gagasan maupun pendapat terkait keenam isu tersebut.

Konferensi kepemudaan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk memberikan solusi dan aksi nyata yang dinaungi langsung oleh para validator per masing-masing room.

Rangkaian Acara FLS 2022

Rangkaian acara FLS 2022 terdiri dari Pre-Event hingga Main Event, serta Pasca Event, meliputi FLS Action Week dan Graduation Day.

Pada Pre-Event, FLS diisi dengan kegiatan workshop, roadshow, dan kompetisi yang terdiri dari infografis, fotografi, dan artikel. Kegiatan ini juga melibatkan 10 juri dan juga pembicara yang kompeten di bidangnya.

Selanjutnya pada Main Event yang dimulai pada 17 September 2022 diisi dengan rangkaian acara "Delegates, Assemble!", "Empowerment Talks", dan sesi "How Might We?".

Lanjut pada Main Event di hari ke-2 pada tanggal 24 September 2022, acara dilangsungkan dengan presentasi masing-masing room oleh para delegasi, serta diberi validasi secara langsung oleh narasumber yang ahli di bidangnya.

Acara dilanjutkan pada tanggal 25 September 2022, FLS melangsungkan rangkaian "Needs Discovery" dan "Youth Talks" untuk membahas topik seputar kebutuhan dunia kerja saat ini.

Rangkaian kegiatan FLS ini juga melibatkan berbagai perusahaan seperti NGO, dan komunitas seperti Shirvano Consulting untuk room Urban & Regional Planning. Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) untuk room Health Architecture. Sementara untuk room Economy diisi oleh Inovator 4.0, Karier.mu untuk room Social Humanity, Indonesia Youth Foundation untuk room Education, dan Bincangenergi.id untuk room Renewable Energy.

Implementasi ilmu oleh para delegasi

Dalam rangkaian kegiatan ini, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) turut memberi apresiasi. Ia menjadi pembicara Future Leader Summit untuk memberikan pengarahan kepada para delegates agar siap menyongsong Indonesia EMAS 2045.

Usai konferensi, para pemuda terpilih ini masih memiliki tugas lainnya yang harus dilakukan, yakni rangkaian "FLS Action Week". 55 Pemuda terpilih dari berbagai daerah di Indonesia ini diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan sebelum Graduation Day.

Rencananya, Graduation Day akan digelar akhir Oktober 2022. Hasil inovasi dan diskusi para delegasi selama masa kegiatan akan diajukan sebagai resolusi bagi Indonesia yang divalidasi langsung oleh validator yang ahli di bidangnya.



Simak Video "Bentuk Dukungan Tokyo Fashion untuk 'Citayam Fashion Week'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia