Rerata Skor IQ 11 Negara Asia Tenggara, Indonesia di Peringkat Berapa?

Rerata Skor IQ 11 Negara Asia Tenggara, Indonesia di Peringkat Berapa?

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 27 Sep 2022 12:00 WIB
Science and education concept. AI (Artificial Intelligence).
Negara mana yang punya rerata skor IQ tertinggi di Asia Tenggar? (Getty Images/iStockphoto/metamorworks)
Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) merupakan salah satu dari banyak tes kecerdasan. Biasanya, IQ digunakan untuk mengukur kecerdasan manusia, sebagaimana dijelaskan dalam Very Well Mind.

IQ mencakup berbagai kemampuan mental seseorang, mulai dari penalaran verbal, kemampuan visual, kesadaran spasial, kecepatan pemrosesan, hingga pengenalan pola.

Pada praktiknya, IQ kerap disebut dapat memprediksi hal-hal seperti kesuksesan akademis. Meski begitu, ahli menyebutkan bahwa IQ bukan jaminan kesuksesan hidup seseorang.

Dalam kaitannya, World Population Review merilis data riset yang berisi daftar negara dengan skor rerata IQnya.

Angka-angka itu didapat dari skor rerata negara dalam tes IQ yang telah distandarisasi. Tes ini diperkenalkan oleh profesor asal Inggris Richard Lynn sejak tahun 2006 silam.

Lantas, pada kawasan Asia Tenggara, negara mana yang meraih rerata skor IQ tertinggi?

Peringkat Rerata Skor IQ Negara Asia Tenggara

Berdasarkan laporan World Population Review dengan judul Average IQ by Country 2022, berikut rerata skor IQ negara-negara yang terdapat di kawasan Asia Tenggara.

1. Singapura

Negara di kawasan Asia Tenggara dengan rerata skor IQ tertinggi yang pertama adalah Singapura. Rerata skor IQ dari negara tersebut sebesar 105,89 dari total 5.975.689 populasi.

Jika disandingkan dengan negara lain di luar Asia Tenggara, Singapura menempati peringkat ketiga.

2. Kamboja

Rerata skor IQ negara Kamboja yakni 99,75 dengan jumlah total populasi sebesar 16.767.842 penduduk. Pada peringkat dunia, Kamboja masuk ke dalam urutan ke-15.

3. Myanmar

Selanjutnya adalah Myanmar. Negara yang satu ini memiliki rerata skor IQ sebesar 91,18 dari total populasi 54.179.306 penduduk. Myanmar menduduki posisi ke-52 dalam peringkat dunia.

4. Vietnam

Vietnam menduduki peringkat ke-4 rerata skor IQ di kawasan Asia Tenggara dengan rerata skor IQ tertinggi sebesar 89,53 dengan jumlah total penduduk sebesar 98.186.856. Vietnam berada di urutan ke-60 jika ditinjau dari peringkat dunia.

5. Thailand

Skor rerata IQ negara Thailand mencapai 88.87 dari total 71.697.030 penduduk. Posisi Thailand berada di peringkat ke-64 jika dibandingkan dengan negara lain di luar kawasan Asia Tenggara.

6. Malaysia

Malaysia menempati posisi keempat sebagai negara dengan rerata skor IQ tertinggi di Asia Tenggara. Adapun, rerata skor IQnya mencapai 87,58 dengan jumlah total penduduk sebesar 33.938.221.

Malaysia berada di urutan ke-73 pada pemeringkatan rerata IQ seluruh negara.

7. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menjadi negara peringkat ke-7 rerata skor IQ di kawasan Asia Tenggara. Besaran skornya yakni 87,58. Pada pemeringkatan dunia, Brunei menempati urutan ke-74.

8. Filipina

Negara selanjutnya adalah Filipina dengan capaian skor IQ sebesar 81,64. Sementara itu, pada pemeringkatan dunia, maka Filipina menduduki posisi ke-111.

9. Laos

Negara peringkat ke-9 rerata IQ di kawasan Asia Tenggara adalah Laos dengan capaian sebesar 80,99 dari total 7.529.475 penduduk. Jika disandingkan dengan negara di seluruh dunia, Laos menempati peringkat ke-114.

10. Indonesia

Indonesia menjadi negara ke-10 di kawasan Asia Tenggara. Capaian rerata skornya sebesar 78,49. Sementara itu, dalam pemeringkatan dunia, rerata skor IQ Indonesia berada di posisi ke-130.

11. Timor Leste

Di urutan ke-11 ada Timor Leste dengan capaian skor IQ sama dengan Indonesia. Pada pemeringkatan dunia, Timor Leste menduduki urutan ke-132.

Nah, itulah rerata skor IQ negara di kawasan Asia Tenggara. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia