Keutamaan Membaca Surah Ad Dukhan pada Malam Jumat

Kristina - detikEdu
Kamis, 22 Sep 2022 18:00 WIB
Umat Islam membaca Al Quran di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (3/4/2022). Membaca Al Quran (tadarus)  dilakukan umat Islam untuk meningkatkan ibadah selama bulan suci Ramadhan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Ilustrasi membaca surah Ad Dukhan pada malam Jumat. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Ada sejumlah hadits yang menerangkan tentang keutamaan membaca surah Ad Dukhan pada malam Jumat. Hadits tersebut diriwayatkan oleh At Tirmidzi, An Nasa'i, dan Ath Thabrani.

Ad Dukhan adalah surah ke-44 dalam urutan mushaf Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 59 ayat dan tergolong surah Makkiyah.

Menurut Tafsir Al-Quranul Majid An-Nur, surah Ad Dukhan berisi tentang masalah kebesaran Al-Qur'an, ancaman kepada orang musyrik, mengungkapkan berbagai tamsilan untuk parta musyrik dengan peristiwa-peristiwa yang dialami Firaun dan kaumnya, dan menjelaskan keadaan manusia saat hari kebangkitan.

Imam As-Suyuthi mengatakan dalam Asbabun An-Nuzul, surah Ad Dukhan tepatnya ayat 10 turun ketika orang-orang Quraisy menentang Nabi Muhammad SAW. Hal ini bersandar pada riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Mas'ud.

Diceritakan, bahwasanya orang-orang Quraisy ketika menentang NabI SAW, maka beliau mendoakan mereka supaya ditimpa paceklik sebagaimana dialami oleh umatnya Nabi Yusuf. Mereka akhirnya terkena paceklik hingga mereka memakan tulang belulang.

Ada seorang laki-laki yang memandang ke arah langit sehingga ia melihat antara dirinya dengan langit seperti ada kabut. Hal itu karena dirinya merasa sangat berat menanggung derita. Maka Allah SWT menurunkan ayat, "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata." (QS Ad Dukhan: 10)

Maka, laki-laki itu mendatangi Rasulullah SAW. Kemudian ia berkata, "Wahai Rasulullah, mintalah hujan kepada Allah kepada kabilah Mudhar karena mereka sudah binasa." Beliau lalu meminta hujan sehingga akhirnya orang-orang mendapat rahmat hujan. Maka turunlah ayat tersebut.

Keutamaan Membaca Surah Ad Dukhan

Disebutkan dalam sebuah hadits, orang yang membaca surah Ad Dukhan pada malam hari akan dimintakan ampunan oleh 70 ribu malaikat. Hadits ini berasal dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حم الدُّخَانَ فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ يَسْتَغْفِرُ لَهُ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ. رواه الترمذي.

Artinya: "Siapa saja yang membaca surah Ad Dukhan pada suatu malam maka akan ada tujuh puluh ribu malaikat meminta ampunan untuknya pada pagi harinya." (HR At Tirmidzi)

Menurut riwayat An Nasa'i yang berasal dari Abdullah bin Utbah bin Mas'ud, Rasulullah SAW membaca surah Ad Dukhan dalam salat Magrib.

Dalam riwayat lain juga disebutkan keutamaan membaca surah Ad Dukhan pada malam Jumat, sebagai berikut:

1. Allah Akan Membangunkan Rumah di Surga

Abu Umamah berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang membaca surah Ad Dukhan pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah untuknya di surga." (HR Ath Thabrani)

2. Dosanya Akan Terampuni pada Pagi Harinya

Abu Bakar bin As-Sina mengatakan dalam buku 24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah, Abu Ya'la memberitahukan kepada kami, Yahya bin Ayub Al-'Abid menceritakan kepada kami, Mush'ab bin Al-Miqdam menceritakan kepada kami, Abu Al-Miqdam menceritakan kepada kami, dari Al-Hasan, dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW beliau bersabda,

"Barang siapa yang membaca surah Ad Dukhan pada malam Jumat, maka pada pagi harinya ia telah diampuni."



Simak Video "Innalillahi, Ustazah di Tebet Meninggal Saat Baca Al-Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia