Kenapa Jalan Terbuat dari Aspal?

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 21 Sep 2022 13:45 WIB
Aspal Meleleh di Inggris
Ilustrasi mengapa jalan terbuat dari aspal? (Foto: Reuters)
Jakarta -

Aspal adalah material solid yang digunakan dalam pembuatan jalan. Banyak material lain, namun kenapa jalan terbuat dari aspal?

Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu aspal. Melansir Ensiklopedia Britannica, aspal adalah material yang menyerupai minyak bumi berwarna hitam atau coklat. Berbentuk kental hingga padat, aspal berasal dari penyulingan minyak bumi atau dari endapan alam.

Aspal terdiri dari senyawa hidrogen dan karbon dengan proporsi kecil dari nitrogen, belerang, dan oksigen.

Manusia sudah menggunakan aspal pada awal masehi. Aspal pertama digunakan sebagai penahan air di antara dinding bata reservoir di Mohenjo-Daro, Pakistan. Pemakaian aspal sebagai pembuatan jalan diawali di Timur Tengah hingga saat ini.

Alasan Jalan Terbuat dari Aspal

Aspal adalah material yang murah, cepat kering, dan mudah dibentuk. Aspal dapat melunak saat dipanaskan dan elastis dalam kondisi tertentu. Sifat mekanik aspal salah satunya sebagai bahan pengikat atau perekat, cocok diaplikasikan pada badan jalan.

Selain aspal, pembuatan jalan juga bisa memanfaatkan beton. Tapi beton terlalu mahal dan proses pembangunannya lebih lama.

Meskipun aspal relatif lunak dan lebih cepat rusak daripada beton, perawatan dan perbaikannya lebih mudah dan lebih murah daripada pemeliharaan beton.

Masih disebutkan dari sumber yang sama, pembuatan aspal sebagai jalan bisa dicampur dengan material lain. Bahan tanah dari permukaan jalan itu sendiri dapat dicampur dengan aspal.

Selain jalan, aspal juga digunakan dalam pembangunan lapisan kanal dan reservoir, permukaan bendungan, dan bangunan pelabuhan atau laut lainnya.

Aspal juga digunakan untuk atap, pelapis, ubin lantai, kedap suara, kedap air, dan elemen konstruksi bangunan lainnya serta di sejumlah produk industri, seperti baterai.

Manfaat Aspal

Selain lebih murah dan cepat dalam pembangunan jalan, ada manfaat lain aspal sebagai pembentuk jalan, yaitu:

1. Aspal dapat didaur ulang sebagai pengeras jalan.

2. Warna hitam pada aspal menyerap panas. Penyerapan ini membantu salju dan es mencair di atasnya serta membuat air hujan menguap lebih cepat. Sehingga, aspal juga bermanfaat pada keamanan berkendara.



Simak Video "Jokowi Tegaskan Dalam 2 Tahun RI Tak Lagi Impor Aspal"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia