Kenapa Jenazah Ratu Elizabeth II Tak Cepat Busuk? Peti Matinya Berlapis Ini

Kenapa Jenazah Ratu Elizabeth II Tak Cepat Busuk? Peti Matinya Berlapis Ini

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 15 Sep 2022 11:00 WIB
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Buckingham menuju Westminster Hall, Rabu (14/9) waktu setempat. Jenazah sang ratu akan disemayamkan selama empat hari.
Peti mati Ratu Elizabeth II yang membuat jenazahnya tidak cepat membusuk. Foto: Oli Scarff/Pool via AP
Jakarta -

Ratu Elizabeth II, mengembuskan nafas terakhirnya pada 8 September 2022 lalu, tepatnya di usia 96 tahun. Pemilik nama asli Elizabeth Alexandra Mary itu akan dimakamkan pada 19 September.

Seperti yang diketahui, Kerajaan Inggris memiliki sejumlah tradisi unik. Prosesi kematian sang ratu akan berlangsung selama 10 hari ke depan, dengan penghormatan senjata hingga bunyi lonceng dari menara jam besar Big Ben.

Dalam jangka waktu 10 hari itu, tentu banyak yang bertanya-tanya, bagaimana bisa jenazah Ratu Elizabeth II tidak membusuk selama prosesi kematian yang memakan waktu hingga berhari-hari? Mengutip dari Mental Floss, berikut penjelasannya.

Alasan Dibalik Peti Mati Anggota Kerajaan Inggris yang Buat Jenazah Tak Cepat Busuk

Sang ratu akan dimakamkan di peti mati kayu yang dirancang khusus untuknya lebih dari 30 tahun lalu. Beratnya sendiri yakni mencapai satu ton karena dilapisi dengan timah.

Umumnya, anggota kerajaan Inggris dimakamkan di peti mati berlapis timah dengan tujuan memperlambat proses pembusukan hingga satu tahun.

Bahkan, ketika Putri Diana meninggal pada tahun 1977 lalu, peti matinya juga berisi lapisan khusus dengan berat hampir 540 pon.

Tradisi Peti Mati dengan Lapisan Timah Sudah Berlangsung Selama 4 Abad

Tradisi ini telah berlangsung selama 4 abad. Dalam Catatan Westminster Abbey, diketahui bahwa Elizabeth I dan Charles II dimakamkan dengan peti mati berlapis timah.

Peti mati dari bangsawan seperti Sir Francis Drake dan seniman yang sangat dihormati seperti George Frederic Handel juga dilapisi dengan timah.

Meski begitu, tidak semua orang menyukai peti mati yang berat. Dalam The Irish Times dijelaskan bahwa Putri Margaret selalu bersikeras untuk dikremasi, agar abunya dapat diletakkan di samping peti mati ayahnya.

Ratu Elizabeth II akan Dimakamkan di Kapel St. George

Mengutip dari The Washington Post, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St. George, yang berada di Kastil Windsor, bagian timur London. Kapel tersebut berdiri sejak tahun 1528 dan menjadi tempat pemakaman para raja dan ratu terdahulu.

Selain itu, Kapel St. George juga menjadi tempat berlangsungnya acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada tahun 2018 silam.

Adapun mengenai peti mati Ratu Elizabeth II nantinya akan ditempatkan di paviliun kecil yang disebut Kapel Memorial Raja George VI, bersama dengan orang tuanya dan abu adik perempuannya, Putri Margaret.



Simak Video "Tangis Warga Inggris Melihat Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Istana Holyroodhouse"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia