Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14 dari Ibnu Katsir, Apa Isinya?

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 14 Sep 2022 13:45 WIB
Al-quran
Ilustrasi. Ini penjelasan tafsir Ibnu Katsir tentang surat Ali Imran ayat 14. (Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu)
Jakarta -

Sebagaimana ayat lain dalam Al-Qur'an, surat Ali Imran ayat 14 sejatinya menjadi pengingat bagi muslim. Pengingat yang hendak disampaikan melalui surat ini adalah kesenangan sesaat berupa materiil yang bersifat sementara di dunia.

Melalui tafsir Ibnu Katsir, kesenangan sesaat yang dimaksud adalah wanita, anak-anak, dan harta benda. Berikut bacaan lengkap surah Ali Imrah ayat 14 beserta artinya.

Bacaan Surat Ali Imran Ayat 14 dalam Arab, Latin, dan Artinya

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

Bacaan latin: Zuyyina lin-nāsi ḥubbusy-syahawāti minan-nisā`i wal-banīna wal-qanaṭīril-muqanṭarati minaż-żahabi wal-fiḍḍati wal-khailil-musawwamati wal-an'āmi wal-ḥarṡ, żālika matā'ul-ḥayātid-dun-yā, wallāhu 'indahụ ḥusnul-ma`āb

Artinya: Dijadikan indah bagi manusia kecintaan pada aneka kesenangan yang berupa perempuan, anak-anak, harta benda yang bertimbun tak terhingga berupa emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik.

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengungkapkan, tidak ada larangan dalam mencintai kesenangan duniawi tersebut. Sebaliknya, ayat ini menjelaskan keburukan atau bahaya yang dapat ditimbulkan dari mencintai yang berlebihan.

Pertama, ayat ini pertama menyebut wanita sebagai kesenangan sementara. Pasalnya, disebut Ibnu Katsir, fitnah yang ditimbulkan wanita sangat kuat sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

Artinya: Tiada suatu fitnah pun sesudahku yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki selain dari wanita.

Sebaliknya, jika keberadaan wanita ditujukan untuk dihormati dan melahirkan keturunan maka menjadi suatu perkara yang disunnahkan.

Kesenangan kedua dalam surat Ali Imran ayat 14 ini adalah anak. Ibnu Katsir berpendapat, ada kalanya rasa cinta berlebihan pada anak justru didorong oleh perasaan berbangga diri. Perasaan berbangga diri tersebut bahkan disandingkan dengan berbangga diri pada perhiasan yang dimiliki.

Meski demikian, bila rasa cinta berlebihan pada anak justru karena dorongan untuk memperbanyak keturunan yang menyembah Allah SWT dan umat Nabi Muhammad SAW maka hal tersebut menjadi perkara yang terpuji. Salah satu riwayat hadits berbunyi:

تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ، فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الْأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: Nikahilah oleh kalian wanita-wanita yang keibuan lagi subur peranakannya, karena sesungguhnya aku memperbanyak umatku karena kalian kelak di hari kiamat.

Terakhir, rasa cinta berlebihan pada harta benda. Hal ini dapat didorong dari adanya rasa takabur dan sombong dalam diri seseorang.

"Cinta kepada harta adakalanya karena terdorong oleh faktor menyombongkan diri dan berbangga-banggaan, takabur terhadap orang-orang lemah, dan sombong terhadap orang-orang miskin," tulis Ibnu Katsir.

Sebaliknya, takaran mencintai harta karena Allah SWT justru menjadi perkara yang dicintaiNya. Misalnya, menggunakan harta tersebut untuk membelanjakannya di jalan-jalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, silaturahmi, serta amal-amal kebajikan.

Di akhir ayat Allah SWT menegaskan bahwa Dia adalah sebaik-baiknya tempat kembali. Pasalnya, kesenangan duniawi di atas semata-mata sebagai sarana ujian keimanan bagi muslim.

Ujian keimanan dalam surat Ali Imran ayat 14 tersebut hendak melihat apakah seorang muslim akan menggunakan semua harta dan kesenangan itu untuk kehidupan duniawi saja atau sebaliknya, yakni menggunakan harta benda tersebut untuk mencapai keridhoan Allah SWT.



Simak Video "Makna Ayat Suci Al-Qur'an yang Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia