Mengenal Keadaan Geografis Mesir, Ada Daerah Depresi Kontinental

Mengenal Keadaan Geografis Mesir, Ada Daerah Depresi Kontinental

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Minggu, 11 Sep 2022 07:00 WIB
Dahab di Semenanjung Sinai, Mesir
Kondisi geografis Mesir. Foto: Getty Images/AarreRinne
Jakarta -

Negara Mesir memiliki luas sekitar 1 juta kmĀ² dengan total garis pantai 2.450 km. Luas Mesir mencakup Semenanjung Sinai dan sebagian besar lainnya berada di wilayah Afrika Utara.

Mesir termasuk negara yang memiliki banyak penduduk. Menurut data World Population Review, pada 2022 ini ada sekitar 102 juta jiwa yang menghuni wilayah tersebut. Populasi ini diprakirakan akan berlipat ganda pada tahun 2078.

Tingkat pertumbuhan populasi Mesir saat ini sebesar 1,94 persen, artinya ada pertambahan populasi sekitar 2 juta orang setiap tahun.

Sebagian besar populasi penduduk Mesir berpusat di sepanjang sungai Nil, terkhusus Iskandariyah, sepanjang Delta Nil, dan di dekat Terusan Suez, seperti disebutkan dalam artikel ilmiah berjudul Transisi Bahasa Arab dan Polemik Kristen Koptik oleh Nilna Indriana.

Perbatasan Mesir di bagian barat bertemu dengan Libya, di bagian Selatan bertemu dengan Sudan, di bagian timur dan utara bertemu dengan jalur Gaza dan Israel. Sedangkan perbatasan negara Mesir dengan perairan adalah dengan laut Tengah di bagian utara dan laut Merah di bagian Timur.

Keadaan Geografis Negara Mesir

Melansir National Geographic, lanskap Mesir Selatan berisi pegunungan rendah dan gurun. Mesir Utara memiliki lembah yang luas di dekat Sungai Nil dan gurun di timur dan barat. Di utara Kairo, ibu kotanya, adalah Delta Sungai Nil berbentuk segitiga yang luas. Tanah subur ini sepenuhnya ditutupi dengan pertanian.

Sebagian besar wilayah di negara Mesir adalah bagian dari Gurun Sahara yang jarang dijadikan sebagai tempat tinggal. Secara garis besar, keadaan geografis utama Mesir terbagi menjadi empat, yakni:

1. Semenanjung Sinai

Semenanjung Sinai merupakan daerah yang terdiri atas dataran tinggi dan pegunungan dengan puncak tertinggi terletak di Gunung Jabel Katherina. Semenanjung Sinai terletak di bagian timur Terusan Suez dan berbatasan dengan Israel. Terusan Suez menjadi pemisah antara semenanjung Sinai dengan daratan Mesir.

2. Gurun Arabia

Gurun Arabia adalah daerah yang diapit oleh pegunungan di tepi Laut Merah dan Lembah Sungai Nil di bagian barat. Topografi gurun Arabia berupa pegunungan yang bergelombang, sangat kasar, dan sangat tandus.

3. Gurun Libya

Lokasi Gurun Libya berada di bagian barat lembah Sungai Nil. Gurun ini memiliki iklim yang sangat kering dengan topografi berupa daerah depresi kontinental. Depresi kontinental adalah dataran yang letaknya lebih rendah di bawah permukaan air laut, seperti dijelaskan dalam buku Top No. 1 Sukses Pendalaman Materi SMP/MTs Kelas VII oleh Tim Smart Nusantara.

4. Lembah Sungai Nil

Daerah lembah Sungai Nil merupakan dataran yang sangat subur dengan aliran air Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia. Karena keadaannya yang bagus, lembah Sungai Nil menjadi tempat pemusatan penduduk, pusat pertanian, sumber air bersih, dan irigasi Mesir.



Simak Video "Tempe hingga Perkedel Bikin Heboh Paviliun Indonesia di COP27 Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia