7 Manfaat Komik dalam Dunia Pendidikan, Apa Saja?

7 Manfaat Komik dalam Dunia Pendidikan, Apa Saja?

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 06 Sep 2022 08:30 WIB
Morbius di komik Marvel dan Spider-Man.
Komik Marvel. Foto: dok. Marvel Comics
Jakarta -

Secara sederhana, komik adalah kisah yang disampaikan dengan urutan kerangka berilustrasi. Berikut sederet manfaat komik dalam dunia pendidikan.

Komik termasuk cara bercerita grafis dengan gambar lebih mendominasi daripada teks tulisan. Beberapa komik disajikan secara ringkas dan pendek dengan beberapa halaman atau beberapa bingkai saja.

Setiap bingkai dalam komik dirancang sedemikian rupa untuk menghadirkan pemahaman pembaca, sebagaimana tertulis dalam buku bertajuk Kedudukan Komik dalam Pendidikan Sains dan Pertanyaan Penggerak untuk Memotivasi Minat Siswa karya Kenneth Tobin.

Di samping itu, pembaca juga dituntut berimajinasi agar mampu memahami cerita yang ada di setiap bingkai sehingga mampu memahami cerita seutuhnya.

Lantas, apakah komik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam tujuan pendidikan?

Peran Komik dalam Bidang Pendidikan

Dalam konteks pendidikan, komik merupakan salah satu bentuk penyajian bahan ajar yang disampaikan melalui cerita bergambar. Komik memuat beberapa unsur, yakni kombinasi antara gambar, teks, dan dialog.

Mengutip buku berjudul Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital karya Husnul Khotimah, penggunaan komik dalam rangka mengembangkan literasi membaca merupakan salah satu strategi yang efektif.

Beberapa komik dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan tujuan pendidikan. Tidak hanya untuk menghibur, nyatanya komik juga dapat mentransfer informasi serta mengkomunikasikan suatu konsep.

Komik memuat gambar menarik yang mampu memancing rasa penasaran peserta didik sehingga membuat mereka mau membaca tanpa harus diperintah oleh guru.

Akan tetapi penggunaan komik disesuaikan dengan mata pelajaran, tingkat pendidikan, dan tujuan pendidikan. Hal ini dikarenakan komik lebih menarik bagi anak-anak daripada pendidikan tradisional.

Manfaat Komik dalam Dunia Pendidikan

Penggunaan komik dalam kegiatan belajar mengajar dapat membuat peserta didik merasa lebih santai, senang, dan tidak merasa tegang.

Keadaan yang mendukung proses pembelajaran peserta didik, tentunya akan berpengaruh juga terhadap hasil capaian pembelajaran.

  1. Adapun beberapa manfaat komik dalam dunia pendidikan di antaranya:
  2. Mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif
  3. Membangun konteks afektif yang positif dan minat dalam teori pengajaran dan pembelajaran
  4. Mendorong peserta didik untuk berpikir kritis
  5. Memotivasi peserta didik
  6. Meningkatkan penguasaan kosakata
  7. Meningkatkan keterampilan multimodal selama proses pembelajaran
  8. Meningkatkan pendidikan karakter

Demikian penjelasan mengenai peran dan manfaat komik dalam dunia pendidikan. Semoga membantu.



Simak Video "Taman Pendidikan Sarwendah di Sukabumi Dirusak, Kaca Jendela Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia