Deretan Tawaran Beasiswa untuk Farel Prayoga, Ada yang Disebut 'Omong Doang'

Deretan Tawaran Beasiswa untuk Farel Prayoga, Ada yang Disebut 'Omong Doang'

Devi Setya - detikEdu
Senin, 05 Sep 2022 10:30 WIB
Farel Prayoga saat menirima sertifikat golden ticket bebas pilih SMP Negeri dari Dinas Pendidikan Banyuwangi
Momen saat Farel menerima 'Golden Ticket' dari Pemkab Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikJatim
Jakarta -

Nama Farel Prayoga langsung tenar usai ia membawakan lagu 'Ojo Dibandingke' saat perayaan HUT ke-77 RI di Istana Negara. Tawaran beasiswa pun mengalir dari berbagai kalangan, termasuk dari para pejabat.

Mendapat tawaran beasiswa untuk masa depannya, bocah kelas 6 SD ini tentu merasa senang. Namun sayangnya, tawaran beasiswa ini dianggap hanya sebagai 'omong kosong' oleh pendamping Farel Prayoga, Zidni Ilman Nafia.

Dikutip dari detikJatim (4/9) Zidni mengatakan pihaknya sama sekali belum menerima beasiswa yang dijanjikan oleh para pejabat ini. Saat ini beasiswa yang baru diterima yakni dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi saja.

"Kalau beasiswa belum. Sampai saat ini Farel hanya dapat sertifikat boleh memilih sekolah SMP manapun di Banyuwangi. Baru itu," ujar Zidni kepada detikJatim, Minggu (4/9/2022).

Sementara tawaran beasiswa dari Menteri BUMN Erick Thohir belum diterima oleh Farel Prayoga. Padahal Erick memberikan beasiswa ini sebagai apresiasi atas prestasi Farel.

"Dari Pak Erick Thohir belum ada follow up. Ada yang membebaskan dari kuliah," ungkap Zidni.

Zidni kemudian menyinggung bahwa bukan hanya Erick Thohir seorang yang pernah berjanji memberikan beasiswa kepada Farel. Beberapa pejabat juga sempat mengaku akan memberi beasiswa.

"Setahu saya belum dari Erick Thohir. Dari yang lain (Pejabat) juga begitu tapi ngomong doang," tegasnya.

Tawaran Beasiswa untuk Farel Prayoga

1. Beasiswa dari Erick Thohir

Tak lama usai tampil di Istana Negara, Farel diundang untuk berbincang dengan Erick Thohir. Dalam video yang ditayangkan melalui Instagram Erick Thohir, Sang Menteri BUMN ini menanyakan cita-cita Farel.

Jawaban dari Farel pun mengundang apresiasi dari Erick. "Kalau sekolah tetep nomer 1. Tapi cita-citanya pengen jadi penyanyi sukses," jawab Farel.

Lebih lanjut, Erick menawarkan beasiswa untuk Farel. "Mau nggak dikasih beasiswa?" tanya Erick.

Sempat kaget, Farel Prayoga langsung mengaminkan tawaran tersebut. "Mau banget," kata siswa SDN 2 Kepundungan itu.

2. Beasiswa dari Pemkab Banyuwangi

Untuk mengapresiasi prestasi Farel, Pemkab Banyuwangi juga memberikan beasiswa untuk putra daerah ini. Beasiswa itu diberikan ke Farel sampai jenjang perguruan tinggi.

"Jadi, karena prestasi Farel, Pemkab Banyuwangi bakal memberikan beasiswa penuh," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di depan Farel di atas panggung di Pemkab Banyuwangi (19/8/2022).

Bupati Ipuk menyatakan beasiswa itu diberikan sesuai pesan Presiden Joko Widodo pada Farel agar tetap sekolah, meskipun saat ini sudah tenar sebagai penyanyi.

"Sesuai apa yang dikatakan Bapak Presiden, pendidikan Farel akan kami fasilitasi," ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan memperhatikan dan memfasilitasi pendidikan Farel sampai ke tingkat perguruan tinggi. "Farel akan sekolah sampai SMA dan nanti jika Farel ingin kuliah akan kami fasilitasi juga," tegas Ipuk.

3. Farel Dapat 'Golden Ticket'

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pendidikan memberikan sertifikat penghargaan kepada Farel Prayoga. Sertifikat tersebut berupa 'golden ticket' yang membebaskan penyanyi cilik itu memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) usai lulus dari jenjang Sekolah Dasar (SD).

"Ini merupakan komitmen Pemkab Banyuwangi melindungi Farel untuk tetap sekolah. Sesuai arahan Presiden untuk Farel dalam melanjutkan pendidikan sekolah," jelas Suratno selaku Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi dikutip dari detikJatim pada Minggu (4/9/2022).

Dengan golden ticket ini, Farel bisa bebas memilih SMP tujuannya setelah lulus dari SD nantinya. Prestasi tingkat nasional yang diraih Farel menjadikan ia layak menerima sertifikat ini.

Golden ticket tersebut merupakan jalur khusus bagi siswa dalam penilaian bakat dan minat.

"Maka dari itu (sertifikat itu adalah) komitmen kami menjamin pendidikan untuk Farel. Bisa dipakai untuk memilih sekolah jenjang SMP di mana pun lewat jalur otomatis, karena prestasinya langsung nasional," ungkap Suratno.



Simak Video "Farel Prayoga Tampil di Depan Jokowi, Kepala Sekolah Terharu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia