5 Negara Terkotor di Dunia dari Tingkat Polusi Udaranya, Indonesia Termasuk?

5 Negara Terkotor di Dunia dari Tingkat Polusi Udaranya, Indonesia Termasuk?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 01 Sep 2022 18:30 WIB
Women and children are vulnerable condition an air polluted area as smoke rises from a re-rolling mill in Dhaka, Bangladesh, August 03, 2022. Air pollution levels in developing countries such as Bangladesh with a relatively young population pose an inordinate health risk for many years to come unless significant environmental control measures are effectively undertaken.  (Photo by Kazi Salahuddin Razu/NurPhoto via Getty Images)
Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Tingkat kebersihan negara tentu jadi pertimbangan oleh para turis untuk berkunjung. Namun, apa jadinya jika suatu negara memiliki segudang masalah lingkungan, mulai dari sampah hingga polusi udara dan air yang tercemar?

Lingkungan yang kotor tentu akan berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Mengutip dari World Population Review, sekitar 55 persen populasi dunia tinggal di kota. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat hingga 68 persen pada tahun 2050 mendatang.

Meski banyak keuntungan saat seseorang tinggal di daerah perkotaan yang padat, potensi kerusakan lingkungan mulai dari kotornya udara akibat polusi akan memberikan dampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan.

Tingkat kekotoran suatu kota atau negara bisa ditinjau dari polusi udara dan banyaknya sampah padat yang dihasilkan.

Kali ini, kita akan membahas sejumlah kota terkotor di dunia yang dilihat dari tingkat polusi udaranya berdasarkan situs IQAir.

IQAir mengukur konsentrasi rata-rata tahunan PM 2.5 di setiap negara dalam mikrogram dibagi dengan meter kubik (µg/m³).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan pengukuran polusi udara dengan 0-10 µg/m³. Dalam kaitannya, IQAir yang bertugas mengukur tingkat polusi udara di dunia menganggap pengukuran di atas 35.5 tidak sehat untuk individu yang sensitif, sedangkan tingkat antara 55.5 dan 150.4 tidak sehat untuk semua kalangan.

Kota Terkotor di Dunia Berdasarkan Tingkat Polusi Udaranya

1. Bangladesh

Bangladesh menjadi negara terkotor di dunia peringkat pertama. Negara dengan penduduk sebanyak 160 juta itu memiliki tingkat polusi 76.9 µg/m³ di tahun 2021 lalu.

2. Chad

Republik Chad merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah dan berbatasan dengan Libya di sebelah utara. Negara ini dihuni oleh 16 juta jiwa dengan tingkat polusi udara sebesar 75.9 µg/m³ dan ditetapkan sebagai negara terkotor kedua di dunia setelah Bangladesh.

3. Pakistan

Selanjutnya ada negara Pakistan. Negara muslim yang terletak di Asia Selatan tersebut menjadi negara terkotor di dunia berdasarkan tingkat polusinya yang mencapai 66.8 µg/m³. Tingkatan tersebut tergolong tinggi karena telah melebihi 55.5 µg/m³ sesuai dengan skala pengukuran WHO.

4. Tajikistan

Peringkat keempat negara terkotor di dunia berdasarkan tingkat polusi udaranya ditempati oleh Tajikistan, sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Tingkat polusi udaranya mencapai 59.4 µg/m³ dengan jumlah penduduk sebanyak 9 juta jiwa.

5. India

Selanjutnya ada India. India menempati peringkat kelima dengan tingkat polusi udara sebesar 58.1 µg/m³. Meski tidak setinggi Chad dan Bangladesh, tingkatan ini sudah tergolong cukup kotor.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Masih dari sumber IQAir, Indonesia masuk ke dalam urutan ke-17 negara terkotor di dunia berdasarkan tingkat polusi udaranya. Pada tahun 2021 tingkat polusi udara Indonesia sebesar 34,3 µg/m³.

Nah, itulah 5 negara terkotor di dunia dilihat dari tingkat polusi udaranya. Semoga informasi di atas dapat membantu detikers ya!



Simak Video "Polusi Udara India 4 Kali Lebih Buruk dari Jakarta, Sekolah Diliburkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia