10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 22 Agu 2022 13:15 WIB
Panitia merapikan bendera negara peserta KAA yang akan diletakan di meja peserta di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (18/4). Konferensi Asia-Afrika ke-60 akan berlangsung pada 18-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./Asf/pd/15.
10 Negara Paling Aman di Dunia. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta -

Tinggal di negara yang damai jadi idaman setiap orang. Minim konflik dan aman dari bahaya. Tahukah kamu negara mana saja yang terdamai di dunia?

Setiap tahun, Institute for Economics and Peace merilis Global Peace Index (GPI) Studi ini didasarkan pada 163 negara dan wilayah independen di seluruh dunia. Terdiri dari 99,7 persen total populasi dunia, GPI menganalisis negara mana yang paling damai dan paling berbahaya di dunia.

GPI mengevaluasi setiap negara dengan 23 indikator. Dari analisis tersebut, setiap negara akan diurutkan ke dalam tiga kategori, yaitu: militerisasi, keselamatan dan keamanan, dan konflik domestik dan internasional. Indikator-indikator tersebut kemudian digabungkan menjadi satu Skor Indeks Perdamaian atau Global Piece Index.

Islandia Nomor Satu

Negara yang berada di belahan Bumi Utara ini dinobatkan sebagai negara terdamai menurut GPI 2021. Iceland atau Islandia diketahui telah menempati posisi pertama selama 14 tahun berturut-turut.

Kualitas yang menjadikannya negara paling damai di Bumi adalah tingkat kejahatan yang rendah, sistem pendidikan dan kesejahteraan yang kuat, upah yang adil bagi pekerja, dan tidak adanya konflik antara kelas ekonomi.

Adapun untuk negara selengkapnya, berikut ini daftarnya dikutip dari World Population Review.

10 Negara Paling Damai di Dunia

1. Islandia atau Iceland
2. Selandia Baru
3. Denmark
4. Portugal
5. Slovenia
6. Austria
7. Swiss
8. Irlandia
9. Republik Ceko
10. Kanada

Indonesia Posisi Berapa?

Dalam daftar yang dirilis Studi GPI ini, negara Asia Tenggara dengan peringkat terbaik adalah Singapura dengan menempati posisi kesebelas. Disusul Malaysia di peringkat ke-22.

Sedangkan Indonesia, harus puas berada di posisi ke-42 dalam daftar negara paling damai di dunia.

Negara Paling Tidak Damai

Selain negara paling damai di dunia, GPI juga merilis negara paling tidak damai di dunia. Dalam daftar ini, Afghanistan menempati posisi pertama. Bahkan ada negara yang sampai melarang warga negaranya untuk berpergian ke Afghanistan, salah satunya Amerika Serikat.

Dalam situs resmi Pemerintah Amerika Serikat, mereka melarang warga negaranya bepergian ke Afghanistan sebab tingginya angka kriminalitas, penculikan, dan terorisme.

Berikut daftar lengkap negara paling tidak damai.

10 Negara Paling Tidak Damai di Dunia

1. Afghanistan
2. Yaman
3. Suriah
4. Sudan Selatan
5. Irak
6. Somalia

7. Republik Demokratik Kongo
8. Libya
9. Republik Afrika Tengah
10. Rusia

Itulah 10 negara paling damai dan paling tidak damai di dunia. Pernah berkunjung ke salah satu negara di atas, detikers?



Simak Video "Pakar Nilai RKUHP Bila Disahkan Dapat Menghukum Para Pengkritik"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia