Sejarah PMR atau Palang Merah Remaja, Sudah Ada Sejak Perang Dunia I?

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 17 Agu 2022 07:30 WIB
Palang Merah Indonesia (PMI)
Foto: Wisma Putra/ Detikcom/Sejarah Palang Merah Remaja, Sudah Ada Sejak Perang Dunia Pertama?
Jakarta -

Apakah detikers pernah mengikuti Palang Merah Remaja atau PMR? Nah, PMR ini adalah organisasi yang berada di bawah koordinasi dan naungan dari Palang Merah Indonesia (PMI). Kira-kira seperti apa sejarah PMR?

Sebelum mengetahui sejarahnya, siswa perlu mengetahui perbedaan antara PMR dan PMI yang terletak pada anggota dan tali koordinasinya.

Untuk PMR terdiri dari siswa dan remaja yang umurnya relatif masih muda. Sedangkan PMI ini anggotanya terdiri dari orang-orang dewasa atau yang sifatnya umum.

Sejarah Palang Merah Remaja di Dunia

Melansir dari buku Rujukan Kompak Sejarah PMR (2009) yang ditulis oleh Mahdi Shuid bahwa PMR ini lahir dari kondisi dunia yang sedang carut marut akibat peperangan dan bencana alam.

Pada waktu itu, dunia juga sedang mengalami peperangan yaitu Perang Dunia ke-1 antara Prancis dan Austria. Pada saat itu, Palang Merah Austria yang sedang berperang melawan Prancis kekurangan anggota karena gugur dalam medan perang.

Akhirnya, pemerintah mengkonsolidasikan agar anak laki-laki yang berada di institusi sekolah untuk turun langsung mengerahkan tenaganya dalam membantu negara dalam perang.

Laki-laki tersebut kemudian mengumpulkan baju-baju bekas dan majalah-majalah bekas. Hal ini menjadi akar dari suatu organisasi pemuda yang bernama Palang Merah Remaja di dunia dan melebar ke berbagai negara seperti Indonesia.

Sejarah PMR atau Palang Merah Remaja di Indonesia

Mengutip dari buku Kenali PMI (2009) yang disusun oleh Seven Audi Sapta bahwa sejarah PMR ini diawali dari disahkannya PMI pada tanggal 3 September 1945.

Pada saat itu, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional.

Atas perintah Presiden, maka dr. Buntaran yang saat itu menjabat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I, membentuk panitia lima pada 5 September 1945.

Panitia itu terdiri dari dr. R. Mochtar (Ketua), dr. Bahder Djohan (Penulis), dan tiga orang anggota, yaitu dr. Djuhana, dr. Marzuki serta dr. Sitanala.

Hingga pada 17 September 1945, Perhimpunan PMI berhasil dibentuk dan diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Kemudian, Kongres PMI ke-4 yang diadakan di Jakarta pada 25-27 Januari tahun 1950 untuk membentuk PMR yang dipimpin oleh Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman.

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah PMR yang ada di dunia dan Indonesia. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Ketua DPRD Mansel Minta Pemprov Papua Barat Siapkan Anggaran Katarak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia