Sosok Malaikat Zabaniyah yang Dikenal Garang dan Sadis

Kristina - detikEdu
Rabu, 17 Agu 2022 05:00 WIB
Seram! Ini 5 Makanan dan Minuman Mengerikan di Neraka
Ilustrasi malaikat Zabaniyah yang ada di neraka. Foto: Getty Images/iStockphoto/koyu
Jakarta -

Malaikat Zabaniyah digambarkan sebagai sosok yang garang dan sadis. Namanya disebutkan dalam Al-Qur'an tepatnya pada surah Al Alaq.

فَلْيَدْعُ نَادِيَهٗۙ ١٧ سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَۙ ١٨

Artinya: "Biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya). Kelak Kami akan memanggil (Malaikat) Zabaniah (penyiksa orang-orang yang berdosa)." (QS Al Alaq: 17-18)

Ibnu Rajab al-Hanbali mengatakan dalam Kitab At-Takhwif minan Naar, kata Muqatil, Zabaniyah adalah malaikat penjaga Jahanam, sedangkan Atha' menyebutnya malaikat yang kasar dan keras.

Adapun, Abdullah bin Abu al-Hudzail mengatakan bahwa Zabaniyah adalah pemimpin malaikat yang kepalanya ada di langit dan kakinya ada di bumi. Atsar-atsar tersebut diriwayatkan oleh Ibu Abu Hatim.

Dafiq Rohman mengatakan dalam buku Janibal Ma'rifat, Zabaniyah adalah nama malaikat-malaikat yang bertugas menyiksa penghuni neraka. Ia tidak mengenal ampun terhadap orang yang telah masuk ke perut neraka.

Sebagian ulama mengatakan, kata Zabaniyah berasal dari kata Zaban yang artinya mendorong atau menolak. Zabaniyah berjumlah 19 malaikat. Ia dipimpin oleh malaikat Malik.

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya, malaikat Zabaniyah adalah malaikat juru siksa atau malaikat azab. Dia mengetahui siapakah yang menang, apakah dari golongan Kami atau golongan dia.

Mengenai hal ini, ia menukil sebuah hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa Abu Jahal berkata, "Sesungguhnya jika aku melihat Muhammad sedang salat di dekat Ka'bah, aku benar-benar akan menginjak lehernya."

Maka ancaman itu sampai kepada Nabi SAW, lalu beliau SAW bersabda, "Sesungguhnya jika dia melakukan niatnya, benar-benar malaikat akan mengambilnya (menghukumnya)."

Malaikat Zabaniyah digambarkan memiliki penglihatan bagaikan kilat yang menyambar dan rupa yang mengerikan. Dikatakan pula bahwa Allah SWT tidak menumbuhkan rasa belas kasihan dan lemah lembut dalam hati mereka sebesar semut sekalipun.

Cara Malaikat Zabaniyah Menjalankan Tugasnya

Disebutkan dalam Mausu'ah Al-Huquq Al-Islamiyah karya Syaikh Sa'ad Yusuf Mahmud Abu Aziz, orang-orang durhaka yang ada di neraka akan didatangi oleh malaikat Zabaniyah seraya berkata,

"Mana Fulan bin Fulan yang suka mengandai-andaikan dirinya di dunia dengan angan-angan panjang lagi menyia- nyiakan umurnya dalam pekerjaan buruk?"

Kemudian, para malaikat Zabaniyah segera mendekatinya dengan membawa cemeti-cemeti (cambuk) dari api neraka. Syaikh Sa'ad Yusuf Mahmud Abu Aziz mengatakan, mereka menyambut orang itu dengan ancaman dahsyat, menggiringnya menuju azab yang dahsyat, dan membalikannya ke dasar neraka Jahanam.

Lalu, mereka berkata kepadanya, "Rasakanlah, sesungguhnya kamu benar-benar orang-orang yang perkasa lagi mulia." (QS Ad Dhukan: 49).

Selanjutnya, malaikat Zabaniyah akan menempatkan orang tersebut di sebuah tempat yang sempit dengan jalan gelap dan tidak diketahui bahayanya. Mereka menetap di sana selama-lamanya dengan diiringi api neraka yang menyala.



Simak Video "NASA Temukan Planet Mirip 'Neraka'"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia