Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2022 Peringatan HUT ke-77 RI

Kristina - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 11:30 WIB
Warga Surabaya dilarang menggelar malam tirakatan menjelang HUT RI ke-76. Namun malam ini, banyak warga yang tetap menggelarnya.
Ilustrasi warga menggelar doa malam tirakatan 17 Agustus. Foto: Esti Widiyana/detikcom
Jakarta -

Salah satu tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, dalam memperingati Hari Kemerdekaan adalah mengadakan doa malam tirakatan 17 Agustus. Di sejumlah tempat, tradisi ini kerap disebut malam pitulasan.

Menurut artikel berjudul Indonesia Moslem Tradition and Nationality (Case Study of Malam Tirakatan in Yogyakarta) yang terbit dalam Jurnal Al Qalam UIN Banten, malam tirakatan adalah bentuk akulturasi antara tradisi muslim di Indonesia dan rasa nasionalisme.

Berdasarkan studi tersebut, melalui malam tirakatan, umat Islam Indonesia dan masyarakat senantiasa menjaga negaranya dan mengingat sejarah nenek moyang mereka yang telah mengorbankan diri untuk kemaslahatan.

Malam tirakatan ini biasa dilakukan dengan berkumpul di suatu tempat lalu mengadakan doa bersama. Berikut contoh doa malam tirakatan 17 Agustus peringatan HUT ke-77 RI seperti dikutip dari laman Kementerian Agama Karanganyar, Selasa (16/8/2022). Tahun yang terdapat dalam naskah ini sudah disesuaikan menjadi 17 Agustus 2022.

Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM, ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'ALAMIN WASH-SHOLATU
WASSALAMU 'ALA ASROFIL ANBIYA WAL MURSALIN WA'ALA ALIHI WASHOHBIHI
AJMA'IIN.
WARHAMNAA MA'AHUM BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROHIMIIN.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa pada saat ini kami seluruh bangsa Indonesia sedang bertafakur, memuji kebesaran-Mu memanjatkan doa syukur kehadirat-Mu atas nikmat kemerdekaan yang telah Engkau anugerahkan kepada bangsa kami yang telah genap berusia 77 tahun. Untuk itu terimalah doa dan rasa syukur kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Berkat rahmat dan Karunia-Mu serta semangat persatuan dan kesatuan yang membara, bangsa kami dapat mengusir penjajah dari bumi pertiwi Indonesia, untuk itu Ya Allah, dengan kekuasaan Mu jua, berilah kemampuan kepada bangsa Indonesia untuk mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana
Hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari permusuhan dan perpecahan. Sadarkanlah kepada seluruh bangsa kami akan pentingnya persatuan dan kesatuan, kuatkan jiwa kami untuk tetap bersatu padu dalam kebersamaan dan jauhkan kami dari sifat iri dan dengki serta mementingkan diri sendiri, yang akan dapat menumbuhkan benih perpecahan dan disintegrasi.

Ya Allah, Tuhan Penentu Masa Depan
Masa depan adalah milik anak cucu kami. Jadikanlah generasi masa kini dan generasi mendatang sebagai generasi yang penuh Iman dan Taqwa, generasi yang hormat kepada orang tua dan menghargai jasa para pahlawan. Jadikanlah kami dan anak cucu kami manusia yang dapat membawa bangsa dan negara kami ke tingkat kemajuan dan keadilan yang kami cita-citakan, serta terciptanya masyarakat yang saling menghormati dan penuh sayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun
Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Para pahlawan dan syuhada' yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Terimalah doa permohonan kami.

Rabana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqinaa 'azzabannar



Simak Video "Rezeki Nomplok Bagi Perajin Bendera Merah Putih Jelang HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia