Mukjizat Nabi Musa, Tak Hanya Membelah Laut Merah

Kristina - detikEdu
Senin, 15 Agu 2022 18:30 WIB
Biblical and religion vector illustration series, Moses held out his staff and the Red Sea was parted by God
Ilustrasi mukjizat Nabi Musa dapat membelah Laut Merah dengan tongkatnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/rudall30
Jakarta -

Mukjizat Nabi Musa yang paling masyhur adalah dapat membelah Laut Merah. Namun, rasul Ulul Azmi ini juga memiliki sejumlah mukjizat lain.

Mukjizat adalah suatu keadaan atau kejadian luar biasa yang dimiliki para rasul. Kata mukjizat berasal dari bahasa Arab mu'jiz yang artinya keajaiban.

Mengutip buku Uswah Rasulullah: Perspektif Al-Qur'an dan Sunnah oleh Abdul Syukkur, mukjizat diberikan kepada nabi dan rasul untuk membuktikan kebenaran kenabiannya. Dalam hal ini bersifat sementara. Sebab, risalah kenabian mereka hanya untuk umatnya saja.

Mukjizat Nabi Musa AS

Berikut sejumlah mukjizat Nabi Musa AS yang diberikan Allah SWT.

1. Tongkat yang Berubah Jadi Ular

Nabi Musa AS adalah rasul yang diutus untuk menyelamatkan kaum Bani Israil dari kekejaman Firaun. Dalam dakwahnya itu, Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Musa AS berupa tongkat.

Diceritakan dalam berbagai riwayat, tongkat Nabi Musa AS dapat berubah menjadi ular saat melawan penyihir kerajaan. Tongkat tersebut mampu menghalau berbagai sihir dari penyihir suruhan Firaun. Kisah ini juga diceritakan dalam surah Al A'raf ayat 107.

فَاَلْقٰى عَصَاهُ فَاِذَا هِيَ ثُعْبَانٌ مُّبِيْنٌ ۖ ١٠٧

Artinya: "Maka, dia (Musa) melemparkan tongkatnya, tiba-tiba ia (tongkat itu) menjadi ular besar yang nyata."

2. Tangannya Memancarkan Cahaya

Dalam peperangan melawan sihir kerajaan, Allah SWT juga memberikan mukjizat kepada Nabi Musa AS berupa cahaya terang yang keluar dari tangannya. Dia berfirman:

وَّنَزَعَ يَدَهٗ فَاِذَا هِيَ بَيْضَاۤءُ لِلنّٰظِرِيْنَ ࣖ ١٠٨

Artinya: "Dia menarik tangannya, tiba-tiba ia (tangan itu) menjadi putih (bercahaya) bagi orang-orang yang melihat(-nya)." (QS Al A'raf: 108)

3. Air Keluar dari Pukulan Tongkatnya

Disebutkan dalam ayat lain, pukulan tongkat Nabi Musa AS juga bisa mengeluarkan air. Hal ini terjadi saat Nabi Musa AS dan kaumnya hidup di gurun yang tandus.

۞ وَاِذِ اسْتَسْقٰى مُوْسٰى لِقَوْمِهٖ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۗ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا ۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْ ۗ كُلُوْا وَاشْرَبُوْا مِنْ رِّزْقِ اللّٰهِ وَلَا تَعْثَوْا فِى الْاَرْضِ مُفْسِدِيْنَ ٦٠

"(Ingatlah) ketika Musa memohon (curahan) air untuk kaumnya. Lalu, Kami berfirman, "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!" Maka, memancarlah darinya (batu itu) dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah dan janganlah melakukan kejahatan di bumi dengan berbuat kerusakan." (QS Al Baqarah: 60)

4. Membelah Laut Merah

Mukjizat Nabi Musa AS lainnya adalah dapat membelah Laut Merah menggunakan tongkatnya. Peristiwa ini terjadi tatkala ia dan kaumnya berada dalam kejaran Firaun dan bala tentaranya. Kisah ini diceritakan dalam surah Thaha ayat 77-79.

وَلَقَدْ اَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اَنْ اَسْرِ بِعِبَادِيْ فَاضْرِبْ لَهُمْ طَرِيْقًا فِى الْبَحْرِ يَبَسًاۙ لَّا تَخٰفُ دَرَكًا وَّلَا تَخْشٰى ٧٧ فَاَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ بِجُنُوْدِهٖ فَغَشِيَهُمْ مِّنَ الْيَمِّ مَا غَشِيَهُمْ ۗ ٧٨ وَاَضَلَّ فِرْعَوْنُ قَوْمَهٗ وَمَا هَدٰى ٧٩

Artinya: "Sungguh, telah Kami wahyukan kepada Musa, "Pergilah bersama hamba-hamba-Ku (Bani Israil) pada malam hari dan pukullah laut itu untuk menjadi jalan yang kering bagi mereka tanpa rasa takut akan tersusul dan tanpa rasa khawatir (akan tenggelam)." Firaun dengan bala tentaranya lalu mengejar mereka (Musa dan pengikutnya), tetapi mereka (Firaun dengan bala tentaranya) digulung ombak laut (yang dahsyat) sehingga menenggelamkan mereka. Firaun telah menyesatkan kaumnya dan tidak memberi (mereka) petunjuk."

5. Kitab Taurat

Di antara beberapa Mukjizat Nabi Musa AS, yang paling utama adalah Kitab Taurat. Kitab ini berisi sepuluh pokok perintah yang sering disebut dengan The Ten Commandments.

ثُمَّ اٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ تَمَامًا عَلَى الَّذِيْٓ اَحْسَنَ وَتَفْصِيْلًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لَّعَلَّهُمْ بِلِقَاۤءِ رَبِّهِمْ يُؤْمِنُوْنَ ࣖ ١٥٤

Artinya: "Kemudian, Kami telah menganugerahkan kepada Musa Kitab (Taurat) untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan, menjelaskan secara rinci segala sesuatu, serta memberi petunjuk dan rahmat agar mereka beriman kepada pertemuan dengan Tuhannya." (QS Al An'am: 154)

Selain itu, menurut surah Al Isra ayat 101 yang ditafsirkan Kementerian Agama RI, Mukjizat Nabi Musa AS ada sembilan, yaitu tongkat, tangan yang bisa memancarkan cahaya, belalang, kutu, katak, darah, banjir besar, laut yang terbelah, dan gunung (Sinai).



Simak Video "Ikhtiar dan Tawakal, Paket Lengkap untuk Dapat Pertolongan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia