Bacaan dan Keutamaan Dzikir Pagi untuk Memohon Rezeki Halal

Devi Setya - detikEdu
Minggu, 14 Agu 2022 06:00 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque.
Ilustrasi wanita muslim sedang berdzikir Foto: Getty Images/iStockphoto/FS-Stock
Jakarta -

Dzikir pagi bisa dibaca usai sholat subuh hingga terbitnya matahari. Selain memberi efek menenangkan, dzikir pagi juga punya banyak keutamaan, salah satunya mendatangkan rezeki halal.

Secara harfiah, dzikir dapat diartikan dengan menyebut dan mengucapkan nama Allah atau mengingat nama Allah. Dzikir pagi bisa menjadi ibadah yang dilakukan rutin.

Dikutip dari buku Dzikir Pagi dan Petang oleh Ustadz Fadli Ramadhan dijelaskan bahwa dzikir termasuk ibadah madhoh, yakni ibadah langsung kepada Allah SWT. Keutamaan berdzikir juga tertulis dalam beberapa surat dalam Al-Qur'an.

Anjuran berdzikir dalam Al-Qur'an

Anjuran berdzikir tercatat dalam beberapa surat Al-Qur'an seperti dalam surat Ar-Rad ayat 28, surat Al Ahzab ayat 41-42 dan surat Thahaa ayat 130.

Anjuran berdzikir dalam surat Ar Ra'd ayat 28 yang berbunyi:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ
الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar Ra'd ayat 28).

Anjuran berdzikir di waktu pagi juga tercantum dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 41-42:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً

Artinya: "Hari orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS. Al Ahzab: 41-42).

Demikian juga dalam surat Thahaa ayat 130 yang berisi anjuran dzikir pagi:

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا ۚوَمِنْ اٰنَاۤئِ الَّيْلِ فَسَبِّحْ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضٰى

Artinya: "Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang."

Bacaan dzikir pagi

1. Sayyidul Istighfar

Sayyidul istighfar bisa dilantunkan saat dzikir pagi. Lafadz Sayyidul istighfar adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Syaddad bin Aus ra, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa mengucapkannya (Sayyidul istighfar) di siang hari dengan meyakininya lalu dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya di malam hari dengan meyakininya lalu dia mati pada malam itu sebelum pagi, maka dia termasuk penghuni surga."

2. Surat Al Ikhlas dan Mu'awwidzatain

Diriwayatkan Imam Nawawi dari Kitab Sunan Abu Dawud, Imam Tirmidzi dan Imam Nasa'i melalui Abdullah ibnu Khubaib yang mengisahkan:

"Kami keluar di suatu malam yang sedang turun hujan dan hari sangat gelap untuk mencari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk mengimami sholat kami. Kami menjumpai beliau dan beliau bersabda, 'Katakanlah!'. Aku tidak mengucapkan apapun, kemudian beliau (Rasulullah) bersabda lagi, 'Katakanlah!'. Aku tidak mengatakan sesuatu apa pun, lalu beliau bersabda kembali, 'Katakanlah!'. Maka aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah yang harus aku ucapkan?'. Beliau Rasulullah bersabda, 'Bacalah surat Al Ikhlas dan Mu'awwidzatain ketika sore hari dan pagi hari sebanyak tiga kali, hal itu akan mencukupimu dari segala sesuatu."

Menurut Imam Nawawi sanad hadits di atas Shahih. Ada pun yang dimaksud surah Muawwidzatain adalah istilah untuk surah Annas dan surah Al-Falaq.

3. Doa Pagi hari untuk memohon rezeki

Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar mengutip Kitab Ibnu Sinni dan Kitab Sunan Abu Dawud melalui Ummu Salamah yang mengisahkan:

"Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam apabila di pagi hari mengucapkan doa berikut ini,

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً


'Ya Allah sesungguhnya aku memohon ilmu yang bermanfaat kepada-Mu, rezeki yang baik (halal), dan amal yang diterima (di sisi-Mu)'"

Demikianlah anjuran, keutamaan dan bacaan dzikir pagi. Ibadah ini bisa dilakukan rutin untuk menambah keimanan sekaligus mendekatkan diri dengan Allah SWT.



Simak Video "Heboh Video Gusur Rumah Ibadah di Kaltara, Ini Kata TNI AD"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia