5 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terkait UUD 1945

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 16:30 WIB
Naskah Proklamasi, Cek Sejarah dan Isinya di Sini
Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia terkait UUD 1945. Foto: Elmy Tasya Khairally/detikcom
Jakarta -

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan tujuan akhir, melainkan titik yang harus dilanjutkan dengan perjuangan mengisi kemerdekaan. Lantas, apa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disampaikan Soekarno dan Moh. Hatta merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sebelulumnya terjajah, seperti dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara oleh Aa Nurdiaman.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia selaras dengan UUD 1945 dan nilai-nilai Pancasila, terutama sila ketiga. Persatuan Indonesia dalam proklamasi Indonesia mengisyaratkan bahwa warga negara Indonesia harus mampu menempatkan persatuan, kesatuan, dan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan, rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa, mengembangkan rasa cinta Tanah Air, bangga berkebangsaan dan bertanah air Indonesia, serta memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Berikut berbagai makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam kaitannya dengan UUD 1945.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Konteks UUD 1945

  1. UUD 1945 merupakan jabaran rinci dari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sebab, proklamasi mengantar rakyat Indonesia ke depan gerbang kemerdekaan indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur sebagaimana tercantum dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945.
  2. UUD 1945 merupakan tertib hukum setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, menggantikan hukum kolonial dan merupakan sumber hukum bagi peraturan-peraturan di bawahnya.
  3. UUD 1945 sebagai hukum dasar tertulis menjadi dasar hukum penyelenggaraan negara sehingga tidak dapat dilaksanakan jika proklamasi tidak diikrarkan.
  4. UUD 1945 menjadi pilar kehidupan ketatanegaraan yang menjadi dasar pejabat negara dalam menentukan kebijakan dan peraturan.
  5. Sikap kebersamaan, menghormati pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak, mengutamakan persatuan dan kesatuan, serta ikhlas menerima keputusan dengan penuh tanggung jawab seperti semangat proklamasi diterapkan saat merumuskan dasar negara.

Melalui proklamasi kemerdekaan, Indonesia juga hendak mengabarkan bahwa bangsa dan negara Indonesia sejajar dengan negara lain sebagai bangsa yang berdaulat. Selamat belajar, detikers!



Simak Video "Indonesia 77 Tahun, Sudahkah Seniman Merdeka?"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia