Kenapa Singapura Bisa Menjadi Negara Maju? Ini Alasannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 12:30 WIB
Singapore, Republic of Singapore - May 4, 2016: Supertree grove, Cloud garden greenhouse and Marina Bay Sands hotel reflecting in water at dusk with glowing lights
Foto: iStock/Kenapa Singapura Bisa Menjadi Negara Maju?
Jakarta -

Singapura adalah salah satu negara industri yang sangat maju di kawasan Asia Tenggara bahkan di dunia. Hal ini dibuktikan dengan Singapura yang menjadi episentrum perdagangan dunia dan sebagai titik industri termaju di dunia. Apa faktor pendorong Singapura menjadi negara maju?

Perlu diketahui bahwa Singapura adalah negara yang pembangunan ekonominya paling kompetitif di dunia. Singapura juga memiliki indikator ekonomi yang kuat jauh mengungguli negara-negara di Asia, bahkan termasuk yang tertinggi di dunia.

Pembangunan Ekonomi Paling Bersaing

Mengutip Business Environment Risk Intelligence (BERI), Singapura adalah negara maju dengan pembangunan ekonomi paling bersaing.

Hal ini dibuktikan sejak tahun 2000, di mana Singapura berhasil menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan multinasional.

Pembangunan ekonomi Singapura juga tumbuh dari 25,1 milyar dollar pada tahun 2000, kemudian naik menjadi 194,4 milyar Singapore Dollar pada tahun 2005.

Selain itu, Singapura juga sebagai sasaran ekspor terbesar bagi pelaku bisnis internasional, seperti negara-negara Asia, Amerika, Eropa, Oceania, dan Afrika.

Faktor Pendorong Singapura Menjadi Negara Maju

Menurut studi ilmiah yang berjudul "Faktor Pendukung Keberhasilan Singapura Sebagai Salah Satu Pusat Perdagangan Dunia: Kajian Perspektif Multinational Corporation di Singapura" (2011) yang ditulis oleh Prita Tarigan, ada beberapa faktor pendorong Singapura menjadi negara maju, yakni:

1. Keberhasilan Singapura menjadi pusat perdagangan dunia

2. Keberhasilan Singapura yang telah membangun sektor industri dan mendatangkan investor serta tenaga ahli. Atas dasar hal ini, PDB rata-rata dari Singapura naik 5,3%

3. Membangun sektor industri yang berwawasan ekspor dengan cara mengundang investor asing

4. Menetapkan undang-undang ketenagakerjaan melalui sistem win-win solution

5. Menasionalisasikan perusahaan-perusahaan strategis yang sebelumnya dikelola oleh swasta

6. Keberhasilan Singapura menstimulasi pihak investor asing sebagai partner bisnis internasional. Hal ini berdampak pada keberhasilan meningkatkan investasi ke dalam aliran pendapatan

Selain alasan-alasan di atas, terdapat juga faktor alam yang menjadi pendorong Singapura menjadi negara termaju di Asia Tenggara, yaitu letak geografisnya strategis di jalur lintasan perdagangan dan pelayaran dunia.

Selain pusat transit lalu lintas laut, Singapura juga menjadi pusat lalu lintas udara dunia. Hal ini sangat dimungkinkan, karena secara geografis, Singapura berada di ujung Semenanjung Malaya yang ramai dilintasi oleh kapal-kapal dagang dari berbagai negara sejak zaman dahulu.

Singapura secara langsung berbatasan dengan Selat Johor di sebelah barat dan sebelah utara, serta Selat Singapura di sebelah timur dan selatan.

Nah, itulah alasan atau faktor pendorong Singapura bisa menjadi negara maju. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Hari Ini Singapura Resmi Cabut Aturan Wajib Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia