Kenapa Seragam SMA Berwarna Putih Abu-abu? Ternyata Ini Artinya

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 11:30 WIB
ilustrasi Anak SMA
Foto: Shutterstock/Kenapa Seragam SMA Berwarna Putih Abu-abu? Ternyata Ini Artinya
Jakarta -

Setiap jenjang pendidikan sekolah di Indonesia mewajibkan penerapan seragam untuk siswanya. Sebagai contoh, siswa Sekolah Menengah Atas atau SMA mengenakan seragam putih abu-abu untuk bersekolah. Penggunaan seragam tersebut telah ditentukan oleh pemerintah.

Melihat catatan sejarah, penerapan aturan seragam sekolah di Indonesia ini berawal pada zaman kolonialisme Belanda dan Jepang. Sedangkan di dunia sendiri muncul mulai abad ke-16 di Inggris.

Seragam sekolah memiliki fungsi mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa serta menunjukkan identitas sekolah sebagaimana dikutip dari Instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat pada Kamis (11/8/2022).

Lalu apa arti seragam sekolah siswa SMA yang berwarna putih abu-abu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Arti Warna Putih Abu-abu pada Seragam SMA

Tiap tingkat pendidikan di Indonesia memiliki warna yang berbeda-beda. Warna seragam tersebut diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 Tanggal 17 Maret 1982.

Dalam SK tersebut dijelaskan warna-warna seragam resmi untuk Indonesia beserta maknanya masing-masing.

Warna putih abu-abu pada tingkat pelajar menengah atas memiliki arti tenang dan dewasa. Hal ini cocok karena usia siswa SMA lebih matang, jadi seharusnya mereka dapat bersikap lebih bijak dibanding siswa tingkat SD dan SMP.

Sejarah Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

Dikutip dari buku Sejarah SMA/MA Kelas XII IPA karya A. Ferry T. Indratno dkk, penggunaan seragam sekolah di Indonesia pertama kali diterapkan pada masa kepresidenan Soeharto atau era Orde Baru.

Pada saat itu, semangat dan jiwa nasionalisme bangsa masih terasa sangat tinggi. Alasan pemberlakuan seragam pada siswa sekolah sendiri untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat selama peserta didik ada di sekolah.

Dahulu, seragam sekolah sempat warna-warni. Bahkan di salah satu SMA Yogyakarta malah tidak mengenal seragam sekolah, murid bebas pergi ke sekolah dengan pakaian yang mereka miliki.

Namun, semenjak kebijakan seragam sekolah diterapkan secara ketat, tidak ada satu sekolah pun di Indonesia yang tidak berseragam.

Nah, itulah alasan seragam SMA berwarna putih abu-abu beserta sejarah penggunaan seragam di Indonesia. Semoga menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "SMAN 1 Banguntapan Terbukti Langgar Aturan Berseragam"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia