Semang dan Sakai Suku Bangsa Negara Mana? Ini Jawabannya

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 08 Agu 2022 10:00 WIB
Vaksinasi terhadap warga Suku Sakai di Riau (Raja-detikcom)
Ilustrasi suku Sakai. Foto: Vaksinasi terhadap warga Suku Sakai di Riau (Raja-detikcom)
Jakarta -

Apakah detikers pernah mendengar tentang suku Semang dan Sakai? Kedua suku tersebut adalah penduduk asli negara tetangga Indonesia yang juga anggota dari ASEAN.

Disebutkan dalam buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII yang disusun Tim Ganesha Operation, suku Semang dan Sakai adalah penduduk asli Malaysia yang hidup di pegunungan. Namun, pada saat ini banyak berbagai suku bangsa lain yang tinggal di negara tetangga kita itu.

Sebagian besar penduduk Malaysia merupakan suku Melayu. Di samping itu, ada komunitas Tionghoa, Pakistan, India, juga sebagian kecil orang Eropa.

Asal Usul Suku Semang dan Sakai

Disebutkan dalam Buku Siswa Sejarah Indonesia SMA/MA Kelas 10 oleh Windriati, orang Semang diturunkan oleh orang Negrito. Orang-orang Negrito sendiri diperkirakan memasuki kepulauan Nusantara sejak 1.000 SM.

Penduduk Negrito juga diyakini sebagai penduduk paling awal di Nusantara. Salah satu alasannya adalah penemuan arkeologi di Goa Cha, Malaysia.

Ciri-ciri orang Negrito adalah berkulit gelap, hidung lebar, rambut keriting, dan bibir tebal. Di Indonesia, ras tersebut sebagian besar tinggal di wilayah Papua. Keturunan asli ras Negrito ada di pedalaman Riau, yaitu suku Siak (Sakai) dan suku Papua.

Sementara, menurut Moszkowski (1908) yang dikutip juga oleh Loeb (1935) sebagaimana diterangkan dalam buku Orang Sakai di Riau: Masyarakat Terasing dalam Masyarakat Indonesia karya Parsudi Suparlan, orang Sakai adalah para penduduk Veddoid yang kemudian bercampur dengan masyarakat Minangkabau yang bermigrasi ke tepi sungai Gasib, hulu Sungai Rokan, Riau. Migrasi tersebut terjadi pada abad ke-14.

Gasib sendiri selanjutnya menjadi sebuah kerajaan, tetapi dihancurkan Kerajaan Aceh. Para penduduknya lalu melarikan diri ke hutan-hutan di sekitar sungai-sungai Gasib, Rokan, Mandau, dan anak-anak sungai Siak. Mereka itulah nenek moyang orang Sakai.

Pendapat lain mengenai asal usul orang Sakai juga dijelaskan oleh Boechary Hasny (1970). Dia memperoleh penjelasan tentang sejarah orang Sakai dari para tetua Sakai. Berdasarkan pendapat Boechary dan hasil wawancara Parsudi Suparlan, orang Sakai asalnya dari Pagarruyung, Batusangkar, dan Mentawai.

Itulah penjelasan mengenai suku Semang dan suku Sakai. Semoga membantu belajar kalian, detikers!



Simak Video "Poundsterling Terjun Bebas ke Level Terlemah Dalam 37 Tahun Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia