Apa Benar Hewan Kaki Seribu Punya Seribu Kaki? Ini Faktanya

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Kamis, 04 Agu 2022 12:30 WIB
kaki seribu
Foto: Scientific Reports/Apa Benar Hewan Kaki Seribu Punya Seribu Kaki? Ini Faktanya
Jakarta -

Kaki seribu atau millipede sering kali tidak disukai orang-orang. Kakinya yang banyak dinilai geli bahkan menakutkan. Meski disebut kaki seribu, apa benar hewan ini punya seribu kaki?

Kaki seribu termasuk dalam kelompok filum arthropoda atau hewan dengan kaki beruas-ruas. Mereka hidup di tempat lembab dan tersebar di seluruh dunia.

Tercatat oleh Ensiklopedia Britannica, aa sebanyak 10.000 spesies kaki seribu di Bumi. Dengan spesies paling kecil berukuran 2,5 cm dan rata-rata tumbuh sepanjang 13 cm.

Hewan ini memang memiliki banyak kaki yang berjejer di kanan dan kiri. Tapi apa kaki seribu benar-benar memiliki seribu kaki?

Jumlah Kaki pada Kaki Seribu

Sebenarnya, kaki seribu hanya memiliki kaki rata-rata berjumlah 200 di kanan dan kiri. Kaki ini mengelilingi tubuh dari setelah kepala hingga ujung ekor.

Kaki berjumlah banyak ini ada gunanya, lho. Dilansir dari Science Focus, kaki pada kaki seribu berguna untuk membantu mereka menerobos lapisan tanah. Sebab, kaki seribu memakan daun-daun yang terkubur jauh di bawah tanah. Selain itu, kaki-kaki yang ia miliki juga berguna untuk melindungi diri dari predator.

Kaki Seribu Ada yang Benar-benar sampai Seribu Kaki!

Pada tahun 2021, ditemukan spesies kaki seribu yang benar-benar memiliki seribu kaki. Menurut situs Science.org, Spesies ini ditemukan di Australia sebanyak delapan ekor.

Mereka memiliki panjang 10 cm dan lebar hanya 1 mm. Walaupun lebih tipis dari kaki seribu kebanyakan, jumlah kaki mereka jauh lebih banyak.

Ilmuwan menemukan spesies ini dengan jenis kelamin jantan dan betina. Kaki seribu jantan memiliki 700 sampai 800 kaki. Untuk yang betina mencapai total seribu kaki di kanan dan kiri. Ngeri!

Jadi, apakah kaki seribu benar-benar memiliki seribu kaki? Jawabannya benar, tapi tidak semua spesies. Kaki seribu di kebanyakan hanya memiliki 200 sampai 400 kaki di tubuhnya. Apa kamu pernah melihat kaki seribu dengan jumlah seribu kaki , detikers?



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia