Ini Tujuan Utama Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Senin, 01 Agu 2022 14:00 WIB
PSS Sleman menjamu PSM Makassar dalam laga perdana BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Sabtu (23/7/2022). PSS Sleman kalah dari PSM Makassar dengan skor akhir 1-2.
Sepak bola. Foto: PIUS ERLANGGA/detikJateng
Jakarta -

Menggiring bola atau dribbling adalah salah satu teknik dasar yang dilakukan dalam olahraga sepak bola. Apa tujuan utama menggiring bola?

Menggiring bola adalah teknik penguasaan kaki terhadap bola saat bermain sepak bola di lapangan. Teknik ini perlu dikuasai oleh para pemain sepak bola.

Dalam buku Kepelatihan Sepak Bola Teori dan Praktik oleh Ketut Chandra Adinata Kusuma, dijelaskan bahwa teknik dribbling yang digunakan untuk pemain pemula umumnya adalah dribbling menggunakan kaki bagian dalam.

Namun ketika sudah cukup mahir, maka dribbling dilanjutkan dengan menggunakan kaki bagian luar.


Tujuan dan Teknik Menggiring Bola:


1. Tujuan Menggiring Bola

Kegunaan teknik dribbling dalam sepak bola penting digunakan untuk melewati lawan dan mencari kesempatan untuk mengoper bola kepada teman yang tepat.

Menggiring bola juga dapat dilakukan untuk menahan bola agar tetap dalam penguasaan permainan apabila tidak ada kemungkinan untuk mengoper bola kepada teman.

Melansir buku Kajian Sepak Bola karya Muhammad Suhdy dan Muhammad Supriyadi, dengan melakukan teknik dribbling, maka jarak bola yang akan ditendang mengarah ke gawang lawan menjadi lebih dekat.

Adapun tujuan-tujuan menggiring bola antara lain:


- Untuk mendekatkan jarak ke sasaran

- Menghambat permainan

- Mengecoh lawan

- Melewati lawan


Maka dapat diketahui, yang bukan tujuan utama dilakukannya teknik dribbling atau menggiring bola yakni:


- Memperjauh jarak bola ke sasaran

- Mengontrol bola

- Menghentikan bola


2. Jenis-Jenis Teknik Dribbling

Dalam permainan sepak bola, ada beberapa jenis teknik menggiring bola, yakni:


- Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Pada teknik ini, pemain bola akan menggunakan sebagian besar permukaan kakinya. Dengan begitu, kontrol terhadap bola akan semakin besar.

Perlu diketahui bahwa kecepatan pemain akan sedikit berkurang ketika melakukan teknik ini, tetapi bola tetap akan dalam penguasaan sehingga terlindungi dari lawan.

Cara menggiring bola dalam teknik ini adalah dengan menyentuhkan bola dengan kaki bagian dalam dan memposisikan kaki secara tegak lurus terhadap bola.

Pandangan pemain harus fokus pada bola agar dapat menendang bola secara perlahan. Hal ini dilakukan supaya kontrol bola dapat dipertahankan dan juga untuk memusatkan kekuatan pada bagian tengah bola sehingga kontrol arah menjadi lebih mudah.


- Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Luar

Teknik ini dilakukan saat pemain menguasai bola dalam keadaan berlari dan mendorong bola. Dengan begitu bola tetap berada di bagian luar kaki.

Umumnya, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar dilakukan ketika pemain hendak mengubah arah atau sedang bersiap mengoper bola ke teman.

Cara menggiring bola dengan teknik ini adalah dengan menggunakan kaki bagian luar untuk menggerakkan bola agar mengarah ke depan dan tetap dalam penguasaan.

Pemain perlu bergerak dengan cepat ke depan kaki sejalan dengan sikap berlari dan dapat mengoper bola secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan posisi dan sikap tubuh seperti itu selalu siap untuk melakukan passing.

Nah, itulah penjelasan mengenai teknik dribbling atau menggiring bola dalam olahraga sepak bola. Apakah detikers sudah pernah mencoba menggiring bola?



Simak Video "Jokowi Beri 'Sangu' Tambahan ke Timnas Amputasi RI Berangkat Piala Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia