Sama-sama Mematikan, Apa Bedanya Ular Welang dengan Ular Weling?

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Senin, 01 Agu 2022 07:00 WIB
Ular weling (bungarus candidus) adalah jenis ular berbisa dari suku elapidae yang menyebar di Asia Tenggara hingga ke Jawa dan Bali.
Ular Weling. Foto: Istimewa/Instagram
Jakarta -

Ular sering kali jadi reptil yang ditakuti. Miliki racun berbentuk bisa bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Di Indonesia, ular yang sering ditemui di pemukiman adalah ular welang dan ular weling.

Dua ular ini sekilas mirip tapi tak sama. Ular welang dan weling memang berasal dari genus yang sama yaitu Genus Bungarus. Genus Bengarus termasuk ke dalam kelompok ular berbisa kuat dari familia Elapidae.

Bungarus fasciatus (Welang) dan Bungarus candidus (Weling) sama-sama memiliki corak tubuh yang mirip. Tubuh mereka dikelilingi garis hitam dan warna kuning atau putih. Terlihat identik, tapi dua jenis ular ini memiliki perbedaan yang mencolok. Berikut perbedaannya dirangkum dari Jurnal Ular Welang, Bungarus fasciatus (Schneider, 1801), di Lereng Selatan Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Donan Satria Yudha, dkk.

Perbedaan Ular Welang dengan Ular Weling

1. Bentuk Kepala

Jika dilihat dari jauh, memang kedua ular ini memiliki bentuk yang mirip. Tapi terdapat perbedaan mencolok pada kepalanya.

Ular welang memiliki kepala yang terpisah jelas dengan lehernya. Kepalanya akan berbentuk seperti segitiga, sehingga terlihat jelas terpisah dengan badan. Berbeda dengan ular weling, bentuk kapalnya yang lonjong terlihat menyatu dengan badan.

2. Panjang Tubuh

Ular welang ternyata lebih panjang dibandingkan ular weling. Ular welang bisa mencapai panjang hingga 2 meter.

Ular weling, yang lebih pendek, hanya memiliki panjang 160 cm. Mirip dengan tinggi rata-rata orang dewasa di Indonesia.

3. Warna Belang pada Tubuh

Inilah perbedaan yang paling mencolok di antara ular welang dan weling. Ular welang memiliki corak belang berwarna hitam dan kuning, sedangkan ular weling berwarna hitam dan putih.

Kemudian corak pada tubuh ular welang melingkar di seluruh tubuh. Sementara corak ular weling hanya separuh saja tepatnya di tubuh bagian atas depan.

4. Bentuk Ekor

Terakhir, perbedaan antara ular welang dan weling ada pada bagian ekor. Ular welang memiliki bentuk ekor yang tumpul. Berbeda dengan ular weling yang memiliki ujung ekor lebih runcing.

Meski demikian, ekor ular weling lebih panjang dibanding ular welang. Panjang ekor ular weling bisa mencapai 16 cm, sedangkan ular welang hanya 13 cm.

Ciri-ciri di ataslah yang bisa kamu gunakan untuk membedakan ular welang dan ular weling. Pernahkah kamu bertemu kedua ular tersebut, detikers?



Simak Video "Waspada Ular di Musim Hujan, Begini Cara Penanganannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia