Fenomena Geosfer: Pengertian dan Contohnya di Hidrosfer hingga Litosfer

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Kamis, 28 Jul 2022 13:30 WIB
Warga Kampung Enggros mencari kayu bakau kering untuk bahan bakar di Hutan Bakau Perempuan, Teluk Youtefa, Jayapura, Papua, Selasa (21/6/2022). Hutan seluas delapan hektar yang hanya boleh dimasuki kaum perempuan menurut adat istiadat setempat tersebut menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat dan habitat bagi beragam fauna. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/rwa.
Hutan Bakau Perempuan, Teluk Youtefa, Jayapura, Papua yang jadi habitat beragam flora dan fauna hanya boleh dimasuki kaum perempuan menurut adat istiadat setempat, salah satu contoh fenomena geosfer di antroposfer & biosfer Foto: ANTARA FOTO/Gusti Tanato
Jakarta -

Fenomena geosfer adalah fenomena atau kejadian alam yang terjadi di dan berkaitan dengan unsur-unsur geosfer. Geosfer adalah lapisan yang mencakup seluruh komponen fisik dan nonfisik di permukaan bumi, dengan unsur yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.

Melansir buku Geografi SMA dan MA karya Ahmad Yani dan Mamat Ruhimat, ada beberapa aspek kajian dalam ilmu geografi yang berkaitan dengan kajian geosfer, yaitu faktor lokasi, persebaran, dan adanya interaksi antarfenomena pada suatu wilayah.

Untuk mengkaji fenomena geosfer, ilmu geografi mempelajari objek material dengan menggunakan pendekatan tersendiri, yaitu pendekatan melalui konteks keruangan, lingkungan, dan pendekatan melalui konteks kewilayahan. Hal ini dapat diamati dari fenomena geosfer yang terjadi.

Berikut beberapa contoh fenomena geosfer seperti dijelaskan dalam buku Geografi oleh Dadang Tri Atmoko dan Rudarti.

Contoh Fenomena Geosfer

Fenomena Geosfer pada Atmosfer

Fenomena geosfer pada atmosfer merupakan fenomena alam berhubungan dengan manusia yang terjadi di atmosfer. Contoh fenomena alam tersebut adalah terjadinya kemarau panjang sehingga menyebabkan kekeringan dan gagal panen.

Contoh fenomena geosfer pada atmosfer lainnya adalah iklim yang berbeda-beda. Orang-orang yang tinggal di wilayah dengan iklim yang dingin akan mengenakan pakaian lebih tebal dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di wilayah beriklim panas.

Fenomena Geosfer pada Litosfer

Contoh fenomena geosfer pada litosfer adalah gempa yang terjadi akibat pergeseran lempeng tektonik. Dampak gempa di lingkungan berpenghuni dapat dirasakan manusia.

Fenomena Geosfer pada Hidrosfer

Contoh fenomena geosfer pada hidrosfer dapat dilihat di volume air limpasan. Volume air limpasan adalah volume aliran air di permukaan tanah yang diakibatkan oleh intensitas curah hujan dan penggunaan lahan oleh manusia.

Bila lahan memiliki tingkat ketertutupan yang tinggi, maka air limpasan di permukaan akan tinggi. Sebab, resapan air ke dalam tanah akan sangat kecil. Walaupun begitu, sisi lain batuan dan frekuensi penggunaan air oleh manusia dapat memengaruhi ketersediaan air tanah di suatu wilayah.

Fenomena Geosfer pada Biosfer

Contoh fenomena geosfer pada biosfer adalah beragamnya flora dan fauna yang tersebar di seluruh belahan bumi. Secara alami, adanya persebaran flora dan fauna disebabkan oleh penyesuaian dengan kebutuhan dan habitat yang mendukung.

Fenomena Geosfer pada Antroposfer

Contoh fenomena geosfer pada antroposfer adalah adanya keragaman budaya dan adat istiadat manusia di berbagai belahan bumi. Sebab, kehidupan manusia sehari-hari tentunya akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, baik cara berinteraksi maupun keterampilannya.

Di samping itu, lingkungan tempat manusia tinggal juga memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda. Karenanya, setiap manusia di wilayah yang berbeda-beda akan memiliki cara masing-masing untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut.

Demikian penjelasan mengenai fenomena geosfer beserta contohnya dalam kajian ilmu geografi. Semoga membantu!



Simak Video "Ada Peningkatan Curah Hujan, BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia