Mengenal Fungsi Tulang Hasta pada Manusia, Siswa Harus Tahu

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 22 Jul 2022 08:00 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menulis surat
Gerakan menulis bisa terjadi karena fungsi tulang hasta (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Apakah kamu tahu apa fungsi tulang hasta? Yap, tulang hasta merupakan bagian dari tulang anggota gerak atas. Letaknya sejajar dengan kelingking dan bagian atasnya.

Tulang hasta sendiri berada di bagian lengan manusia, tepatnya pada lengan bagian bawah. Umumnya, fungsi tulang hasta adalah menghubungkan lengan bagian atas manusia dengan pergelangan tangan.

Tulang hasta atau yang biasa disebut tulang ulna juga punya fungsi membantu pergelangan tangan kamu agar dapat berotasi atau berputar. Untuk fungsi ini, tulang hasta harus disokong juga tulang pengumpil atau radius.

Tulang-tulang ini berbentuk seperti pipa dengan ujung yang kuat dan tebal. Kemudian, batang dari tulang hasta mendekati ujung bawah makin kecil.

Jadi tulang ini masuk dalam kelompok tulang pipa atau tulang panjang yang terdiri atas tiga bagian yakni proksimal atau bagian atas, bagian tengah, dan bagian bawah atau distal.

Seperti yang disinggung di atas bahwa tulang hasta merupakan bagian dari tulang anggota gerak.

Mengutip dari Modul Pembelajaran SMA Biologi Kelas XI (2020) bahwa tulang anggota gerak adalah sepasang tulang anggota gerak bagian atas (lengan atau tangan) dan sepasang tulang anggota gerak bagian bawah (kaki atau tungkai).

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta menjadi komponen tulang yang begitu penting bagi tubuh manusia. Dikutip dari buku Anatomi Manusia (Unit Osteologi, Arthrologi, dan Miologi) oleh Lis Marwan, fungsi tulang hasta pada manusia adalah:

  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk menyimpan mineral dan menghasilkan sel-sel darah pada sumsum tulang
  • Sebagai tulang yang berfungsi atau bekerja sama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia
  • Sebagai tulang yang berfungsi sebagai penunjang kerangka tangan manusia
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memberi kaitan kepada otot yang mengendalikan gerakan dari pergelangan tangan dan jari
  • Sebagai tulang yang berfungsi menjadi komponen tulang yang memungkinkan pergerakan pada pergelangan tangan dapat memutar atau berotasi.
  • Sebagai tulang yang membentuk sendi siku bersama dengan umerus atau tulang lengan bagian atas.

Nah, itu adalah fungsi tulang hasta pada manusia. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Fosil Dinosaurus Karnivora Terbesar di Eropa Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia