Sejarah 7 Keajaiban Dunia, Ada sejak Zaman Sebelum Masehi

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 18 Jul 2022 18:00 WIB
BEIJING, CHINA - FEBRUARY 23:  A family visits the Mutianyu Great Wall covered in snow on February 23, 2021 in Beijing, China. Affected by the new coronavirus (COVID-19), the number of visitors to Mutianyu Great Wall in 2020 dropped by about 60%.  (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Ilustrasi sejarah 7 keajaiban dunia. Foto: Getty Images/Lintao Zhang
Jakarta -

Menurut daftar 7 Keajaiban Dunia atau 7 Wonders of the World yang disusun oleh Swiss New Open World Corporation, Candi Borobudur tidak termasuk di dalamnya. Mereka menyusun daftar tersebut sejak pemungutan suara pada 2000 siam yang melibatkan 100 juta penyumbang suara.

Berdasarkan laman 7 Wonders of the World, tujuh tempat yang masuk dalam peringkat adalah Colosseum di Italia, Tembok Besar China, Petra di Yordania, Machu Picchu di Peru, Taj Mahal di India, Patung Kristus Penebus di Brasil, dan Chichen Itza di Meksiko.

Candi Borobudur sebetulnya sempat masuk dalam 176 nominasi awal, tetapi gagal dalam ranking 77 teratas agar bisa lanjut ke tahap berikutnya. Selain Candi Borobudur, Sawah Terasering Tegallalang Bali juga masuk nominasi.

Pemungutan suara ini berlangsung bertahap sejak tahun 2000 sampai 2007. Ada 7 panelis yang terlibat, di mana salah satunya adalah Mantan Direktur UNESCO, Federico Mayor Zaragoza.

Sebagai masyarakat modern, detikers juga mungkin telah sangat familiar dengan peringkat 7 keajaiban dunia ini. Namun, apakah kalian tahu bahwa awal mula daftar ini bahkan sudah bermula sejak sebelum Masehi?

Sejarah 7 Keajaiban Dunia

Daftar 7 keajaiban dunia bermula dari karya Philo dari Byzantium pada tahun 225 SM yang berjudul On the Seven Wonders. Mengutip dari World History Encyclopedia, beberapa penulis lain dalam karya tersebut adalah Herodotus, Callimachus dari Cyrene, dan Antipater dari Sidon.

Namun, daftar 7 keajaiban pada waktu itu didefinisikan sebagai sebuah tema untuk para pelancong Hellenic (Yunani) mengenai hal-hal yang harus dilihat. Adapun daftar 7 keajaiban dunia versi lampau adalah:

  • Great Pyramid of Giza, Mesir
  • Hanging Gardens Babylon
  • Patung Zeus di Olympia, Yunani
  • Patung Artemis di Ephesus
  • Mausoleum di Halicarnassus
  • Colossus dari Rhodes
  • Lighthouse of Alexandria, Mesir

Menambahkan dari situs resmi New 7 Wonders of the World, Philon pada dasarnya menyusun On the Seven Wonders sebagai panduan perjalanan untuk sesama orang Athena. Situs-situs yang termasuk di dalamnya juga berlokasi di sekitar cekungan Mediterania, yang pada waktu itu dikenal.

Itulah asal mula daftar 7 keajaiban dunia. Walaupun Candi Borobudur tidak termasuk dalam versi yang dirilis NOWC, tempat bersejarah kebanggaan Indonesia ini ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 1991.



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia