8 Hewan Paling Setia di Dunia, Tidak Ada Buaya!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 18 Jul 2022 17:30 WIB
Indonesia kaya akan keragaman makhluk hidup, tak terkecuali hewan. Namun, tangan jahat manusia mengancam kehidupan hewan-hewan itu, salah satunya Owa Jawa.
Foto: Antara Foto/Nurul Ramadhan/8 Hewan Paling Setia di Dunia
Jakarta -

Memiliki satu pasangan seumur hidup bukan hal yang hanya dilakukan manusia. Beberapa hewan di dunia juga memiliki ikatan hubungan sekali seumur hidup sehingga dikenal sebagai hewan yang setia.

Hewan-hewan tersebut berasal dari berbagai kelas mulai dari mamalia, ikan, hingga burung. Berikut ini hewan yang melakukan ikatan seumur hidup, dikutip dari Britannica.

8 Hewan Paling Setia di Dunia

1. Biwara

Sering disamakan dengan berang-berang yang karnivora, biwara memiliki perbedaan yakni memakan daun, buah, hingga tumbuhan. Biwara dikenal sebagai hewan pengerat yang setia setelah hubungan terjalin.

2. Serigala Abu-abu

Serigala adalah hewan yang hidup dalam hierarki sosial yang ketat, dengan dipimpin oleh jantan dan pasangannya. Pada serigala abu-abu, pasangan yang dipilih akan berlangsung seumur hidupnya.

3. Owa (Gibbon)

Owa adalah sejenis kera kecil yang terkenal pandai. Primata satu ini memperlihatkan kasih sayang ke pasangan dengan merawat dan mengasuh anak-anak mereka bersama-sama. Hal ini akan berlangsung seumur hidup bagi setiap pasangan owa.

4. Macaroni Penguin

Sebagian besar pasangan penguin makaroni adalah monogami. Saat mereka mulai menjalin hubungan hingga akhirnya telur mereka menetas, jantan tinggal bersama anak-anaknya sementara betina berburu makanan. Ikatan hubungan yang dilakukan macaroni penguin ini berlangsung dalam jangka yang panjang.

5. Bangau Pasir (Grus canadensis)

Hewan ini adalah spesies burung yang diketahui menunjukkan ikatan setia dalam pasangan. Mereka sering terlibat dalam komunikasi khas yang dikenal sebagai "panggilan bersama."

6. Elang Botak

Jenis burung lain yang juga setia ada elang botak. Dalam hubungan berpasangan, jantan ikut mengasuh anak-anaknya dengan membantu menjaga telur agar tetap hangat dan memberinya makan setelah menetas.

7. Angsa

Angsa adalah hewan yang hidup berpasangan dan dikenal setia dengan satu pasangan selama hidupnya. Bahkan mereka tidak pernah mencari pasangan lain lagi setelah pasangannya mati.

Mereka juga sangat setia pada wilayah perkembangbiakannya, dan bisa agresif terhadap angsa lain dan bahkan manusia jika angsa itu domestik. Mereka

8. French Angelfish

Ikan laut ini terkenal karena kesetiaan kepada pasangannya. Meskipun mereka tidak peduli dengan benih kecil mereka setelah menetas, pasangan angelfish Prancis hidup bersama selamanya dan saling membela dari serangan ikan lain.

Nah, itulah delapan hewan yang dikenal paling setia karena memiliki hubungan seumur hidup.



Simak Video "Beda Pandangan PBNU dan MUI soal Hukum Kurban Hewan Terjangkit PMK "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia