Menag dan Ketum PBNU Diterima Sekjen Liga Muslim Dunia, Ini yang Dibahas

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Rabu, 13 Jul 2022 21:00 WIB
Menag dan Ketum PBNU Diterima Sekjen Liga Muslim Dunia, Bahas Religion 20
Foto: Dokumentasi Kementerian Agama
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (Rabithah al-'Alam al-Islami), Syaikh Muhammad al-Issa menyambut kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Tsaquf beserta Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Chaumas, di Makkah pada Rabu (13/7/2022).

Pihak Syaikh Muhammad al-Issa menyambut baik kunjungan dari pihak Ketua Umum PBNU dan rombongan. Nahdlatul Ulama disebut sebagai mitra Liga Muslim Dunia. Kapasitasnya sebagai organisasi keislaman yang penting dan beranggotakan lebih dari seratus dua puluh juta orang dinilai mirip dengan Liga Muslim Dunia.

Dalam pertemuan antar tokoh besar dunia Islam tersebut, disepakati juga beberapa rencana kerja sama antar Liga Muslim Dunia dengan PBNU. Salah satunya adalah dukungan penuh dari pihak Syaikh Muhammad al-Issa dan Liga Dunia Muslim atas diselenggarakannya pertemuan R 20 di Bali pada November mendatang.

"Kemenag siap kerja sama dengan Rabithah dalam menyukseskan Religion 20 atau R20," ujar Menag Yaqut dikutip dari laman resmi Kemenag RI, Rabu (13/7/2022).

"Keharmonisan, perdamaian antar umat beragama penting untuk dijaga dan ditingkatkan. Untuk itu saya menyambut baik kerja sama ini dan menyukseskan R20. Kerja sama Rabithah-Kementerian Agama- NU akan sangat berarti sekali untuk dunia Islam dan global," lanjutnya.

Usai pertemuan, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengkonfirmasi kesediaan Liga Muslim Dunia untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan R20. Bentuk kesediaan itu antara lain ikut membantu pengelolaan sekretariat permanen R20 di dalam Center for Shared Civilizational Values (CSCV).

"Saya sebagai ketum PBNU berharap bahwa dalam waktu dekat ini bisa disepakati dan ditandatangani nota kesepahaman antara dua belah pihak, sehingga persiapan-persiapan menuju pelaksanaan R20 bisa dikonsolidasikan secepatnya," ujar Gus Yahya.

Muktamar Internasional Fiqih Peradaban atau Religion 20 akan digelar sebagai bagian dari Peringatan Satu Abad NU. Gus Yahya menilai, kesediaan Liga Muslim Dunia dalam R 20 akan membawa angin segar bagi Indonesia.

"Peran Rabithah Alam Islami sangat penting sekali. Karena Liga Muslim Dunia (Rabithah Alam Islami) memiliki jaringan luas di dunia Islam khususnya di kalangan para ulama. Rabithah Alam Islami juga didukung dengan kuat oleh kerajaan Saudi Arabia. Dengan ikut sertanya Rabithah Alam Islami dalam agenda ini, maka akan ada akselerasi yang signifikan dalam dunia Islam," tandasnya.

Dalam keterangan tertulis LTN PBNU disebutkan bahwa Gus Yahya mengapresiasi isi khutbah yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad al-Issa pada prosesi ibadah haji di Arafah. "Isi khutbah Syaikh Muhammad al-Issa mencerminkan spirit Islam yang universal dan rahmatan lil alamin, berisi nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan yang saat ini benar-benar sangat diperlukan untuk diterapkan oleh umat manusia secara umum," kata Gus Yahya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima detikHikmah.



Simak Video "PBNU Pastikan Kehadiran Jokowi di R20 dan Peringatan Satu Abad NU"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia