Mengapa Warna Air Laut Bisa Berbeda? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 13 Jul 2022 18:21 WIB
Air terjun bawah laut Mauritius
Air laut punya warna berbeda. Mengapa demikian? Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Siapa nih yang pernah bepergian menggunakan kapal melewati jalur laut? Jika kamu perhatikan, warna air laut ini berbeda-beda. Terkadang air laut berwarna biru, lalu berwarna hijau, hingga ada yang berwarna kuning kecoklatan.

Pertanyaannya, mengapa warna air laut bisa berbeda-beda?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam mengenai laut. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.

Mengapa Warna Air Laut Bisa Berbeda

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa warna air laut bisa berbeda? Jawabannya adalah karena interaksi dari insiden cahaya dengan substansi atau partikel yang ada di dalam air. Di mana komponen penyebab daripada cahaya menjadi dasar terbentuknya warna-warna dari air laut yang tampak berbeda.

Lalu bagaimana prosesnya? Jadi spektrum cahaya yang memasuki air akan diabsorpsi dan direfleksi. Absorpsi terhadap cahaya dilakukan oleh molekul-molekul air sendiri dan oleh bahan-bahan yang terkandung di dalamnya seperti bahan terlarut dan bahan tersuspensi terutama plankton.

Selanjutnya, cahaya yang diserap atau diabsorpsi akan dikonversi menjadi energi bahang. Cahaya yang diabsorpsi energinya akan berkurang dan daya tembusnya menurun secara gradual berdasarkan kedalaman. Di lain sisi, cahaya juga akan direfleksikan kembali apabila memasuki air.

Refleksi pada perairan alami sangatlah kompleks dan refleksi kompleks ke segala arah dikenal dengan istilah scattering. Spektrum warna cahaya matahari yang direfleksikan akan memberi warna dari air itu sendiri.

Warna yang diserap tidak akan tampak pada air sebaliknya warna yang direfleksikan akan tampak secara eksplisit.

Mengutip dari penelitian yang berjudul Peranan Cahaya dalam Proses Produksi di Laut yang ditulis oleh Sunarto, diungkapkan bahwa warna air laut akan berubah bila terjadi perubahan turbiditas atau kekeruhan yang diakibatkan oleh selective scattering, natural absorptive colour, yellow substance, dan discoloring effect oleh materi tersuspensi.

Warna-warna Air Laut

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa memang ada beberapa warna dari air laut. Kira-kira apa saja warna-warna air laut beserta penyebabnya?

  • Warna Biru: Warna biru pada air laut ini ditimbulkan dari gelombang sinar ultraviolet. Oleh karenanya, warna biru ini menjadi yang sering kamu temukan di pantai maupun di beberapa foto serta dokumentasi.
  • Warna Kuning: Warna ini memang cukup jarang dilihat oleh beberapa orang. Namun, warna kuning pada air laut disebabkan oleh endapan yang masif pada lumpur di dalam laut. Lumpur ini yang menghasilkan tanah berwarna kuning dan seakan menciptakan ilusi warna kuning pada air laut.
  • Warna Hijau: Warna hijau pada air laut diakibatkan oleh proses organisme yang mengandung zat klorofil. Klorofil pada organisme di dalam laut akan memantulkan warna hijau yang membuat air laut juga seperti berwarna hijau.
  • Warna Ungu: Warna ungu ini umumnya karena adanya proses pengeluaran dari sinar fosfor oleh organisme di dalam laut. Yang membuat warna laut seakan berubah menjadi warna ungu.
  • Warna Merah: Warna laut yang memerah adalah akibat dari ganggang yang berkembang yang merubah warna dari coklat menjadi merah.

Nah, itu adalah jawaban dari pertanyaan mengapa warna air laut bisa berbeda. Kira-kira warna air laut yang detikers tahu apa saja? Coba tulis di kolom komentar.



Simak Video "Sejumlah Wilayah di Pantura Jateng Diterjang Banjir Rob Ekstrem!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia