Mengenal Sistem Pernapasan Hewan Lengkap dengan Penjelasannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 13 Jul 2022 16:00 WIB
Redback Spider (Latrodectus Hasseltii) - Malbourne, Australia
Laba-laba punya sistem pernapasan unik dengan menggunakan paru-paru buku (Foto: Thikstock)
Jakarta -

Hewan merupakan makhluk hidup yang tentu memiliki sistem pernapasan. Akan tetapi, tahukah kamu jika ada berbagai sistem pernapasan hewan sesuai dengan jenis dan spesiesnya. Kira-kira apa saja sistem pernapasan hewan yang ada di setiap spesies?

Sebelumnya, sistem pernapasan hewan adalah proses alamiah yang dilakukan oleh hewan untuk menghirup oksigen untuk dapat hidup. Di mana oksigen dibutuhkan oleh hewan untuk mengubah beberapa zat di dalam tubuh menjadi energi.

Sistem Pernapasan Hewan

Dalam "Buku Sekolah Elektronik" yang diterbitkan tahun 2009, dijelaskan bahwa ada empat sistem pernapasan hewan sesuai dengan spesies dan jenisnya.

Berikut adalah penjelasannya:

1. Paru-paru

Sama halnya dengan manusia, hewan-hewan juga ada di beberapa spesies yang bernapas dengan paru-paru. Kurang lebih ada empat spesies hewan yang bernapas dengan paru-paru, yakni:

  • Mamalia: Hewan yang menyusui ini dapat kamu temukan di darat maupun di laut. Sistem pernapasan menggunakan paru-paru terdiri dari hidung, saluran pernapasan, dan juga paru-paru itu sendiri. Adapun beberapa contoh dari hewan mamalia adalah kucing, anjing, kuda, kelelawar dan ikan lumba-lumba juga ikan paus.
  • Burung (Aves): Burung juga menjadi spesies hewan bersayap yang bernapas menggunakan paru-paru. Ada tiga alat pernapasan pada burung, yaitu hidung, tenggorokan, dan juga paru-paru yang ditandai dengan pundi-pundi yang variatif.
  • Reptil: Senada dengan dua spesies di atas, bahwa ada tiga sistem pernapasan pada reptil terdiri dari hidung, tenggorokan, dan juga paru-paru. Adapun beberapa hewan reptil, seperti buaya, komodo, cicak, dan kura-kura.
  • Amfibi: Hewan yang hidup di dua alam disebut sebagai hewan amfibi. Menariknya, hewan amfibi seperti katak yang mengalami evolusi atau metamorfosis sempurna saat menjadi berudu bernapas dengan insang. Baru ketika sudah bertumbuh menjadi katak hidup dengan sistem pernapasan paru-paru.

2. Insang

Hampir seluruh ikan yang ada di perairan bernapas dengan insang. Di mana ikan akan mendapatkan oksigen dari air yang ditangkap oleh insang. Kemudian, sisa dari dari proses bernapas dari ikan akan dikeluarkan bersamaan dengan air. Poin penting bahwa insang hanya dapat bekerja di dalam air.

3. Trakea

Hewan insekta atau serangga adalah spesies dengan sistem bernapas trakea. Apa itu trakea? Trakea sendiri adalah lubang halus pada badan serangga yang menjadi sumber pernapasan baginya.

Udara-udara tersebut akan masuk melalui lubang halus tersebut dan membuat serangga dapat bernapas. Contoh dari serangga yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasan, yaitu nyamuk, belalang, kupu-kupu, hingga lebah.

4. Paru-paru Buku

Paru-paru buku (book lungs) adalah alat pernapasan bagi mayoritas hewan kelas Arachnida dan Chelicerata, misalnya laba-laba dan kalajengking. Alat pernapasan ini sangat berbeda dibanding paru-paru yang dimiliki vertebrata, dan tidak ada kaitannya.

Organ tersebut dinamai paru-paru buku karena dianggap berbeda dengan trakea dan memiliki struktur yang mirip seperti buku yang dilipat. Paru-paru buku merupakan organ yang terhubung pada lubang kecil di bagian bawah depan perut laba-laba atau kalajengking.

Udara akan masuk melalui lubang-lubang kecil di area tersebut. Pertukaran gas kemudian terjadi di paru-paru buku. Paru-paru buku berbentuk lipatan agar memperbesar bidang pertukaran gas antara hemolimfe (darah Arthropoda) dan lingkungan sekitarnya, seperti halnya alveolus pada vertebrata berparu-paru.

Setelah ditukarkan di paru-paru buku, hemolimfe beroksigen akan mengalir ke seluruh tubuh Arachnida menggunakan pompa jantung untuk menyebarkan oksigen ke sel-sel tubuhnya.

5. Kulit

Terakhir, ada spesies cacing yang menurut peneliti bernapas dengan kulitnya. Proses ini terjadi saat kulit dari cacing dalam kondisi lembab atau bahkan basah. Cacing menjadi satu-satunya hewan yang memiliki sistem pernapasan yang unik yaitu menggunakan kulitnya yang basah dan lembab.

Nah, itu adalah sistem pernapasan hewan beserta penjelasannya yang sangat lengkap. Coba tulis di kolom komentar hewan apa saja yang bernapas dengan paru-paru!



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia