Pengertian Mollusca, Ciri-Ciri, dan Klasifikasinya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Rabu, 13 Jul 2022 14:45 WIB
Gurita raksasa sering dianggap memiliki kemampuan supranatural untuk memprediksi masa depan. Ya, tak jarang hewan ini menebak pemenang Piala Dunia.
Gurita, salah satu contoh filum hewan mollusca atau hewan bertubuh lunak. Foto: dok. Jakarta Aquarium
Jakarta -

Mollusca berasal dari bahasa latin, yaitu molluscus yang berarti lunak. Filum mollusca adalah kelompok hewan yang bertubuh lunak.

Sebagian moluska memiliki cangkang untuk melindungi tubuhnya yang lunak, tetapi sebagian lainnya tidak memiliki cangkang.

Ada moluska yang hidup di air dan ada juga yang hidup di darat. Mollusca yang hidup di air memiliki alat pernapasan berupa insang, sedangkan mollusca yang hidup di darat bernapas melalui rongga mantel yang memiliki pembuluh darah. Rongga ini berperan sebagai paru-paru.

Mollusca memiliki saraf yang terdiri atas cincin saraf. Cincin saraf tersebut mengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang menyebar.

Sistem pencernaan pada mollusca lengkap, mencakup mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Namun beberapa mollusca tertentu memiliki organ seperti lidah yang dapat bergerak maju-mundur dan juga memiliki rahang. Lidah bergigi pada mollusca berguna untuk melumat makanan, lidah ini disebut dengan radula.

Mollusca memiliki tubuh yang simetri bilateral dan termasuk dalam triploblastik selomata. Tubuh mollusca memiliki ciri yang mencakup bentuk, ukuran, struktur, dan fungsi, seperti dijelaskan dalam buku Biologi SMA oleh Diah Aryulina dkk.

Ciri-Ciri Mollusca

Ciri-ciri mollusca secara umum adalah sebagai berikut:

  • • Biasanya belum memiliki kerangka
  • • Bertubuh lunak serta berlendir. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kelenjar yang terdapat pada kulit
  • • Mollusca bercangkang memiliki tubuh yang dilindungi cangkang. Cangkang ini terbuat dari zat kapur
  • • Kaki digunakan untuk bergerak dan memangsa
  • • Alat perkembangbiakan, peredaran, dan pernapasan serta pencernaan berkembang dengan baik

Struktur Tubuh Mollusca dan Fungsinya

Mollusca adalah hewan invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang yang berbadan lunak. Bentuk dan ukuran mollusca sangat bervariasi. Contoh, salah satu mollusca dengan ukuran yang kecil adalah siput dengan panjang hanya beberapa milimeter. Di sisi lain, ada juga mollusca yang besar, contohnya adalah cumi-cumi yang memiliki panjang mencapai 18 meter.

Walaupun bentuk tubuh hewan mollusca berbeda-beda, tetapi struktur utamanya tetap sama.Untuk struktur dan fungsinya, tubuh mollusca terbagi menjadi tiga bagian utama, yakni kaki, massa visceral, dan mantel. Bagian kaki merupakan bagian ventral tubuh hewan mollusca yang memiliki otot. Mollusca menggunakan kaki sebagai alat gerak untuk merayap dan menggali.

Ada beberapa mollusca yang bagian kakinya termodifikasi menjadi tentakel. Tentakel tersebut digunakan untuk memangsa makanannya.

Massa Viseral

Massa viseral merupakan bagian tubuh utama hewan mollusca. Bagian inilah yang memiliki tekstur atau bersifat lunak. Massa viseral diselimuti oleh sebuah jaringan yang tebal yang disebut dengan mantel.

Pada bagian utama tubuh mollusca ini, terdapat sekumpulan organ tubuh, seperti organ reproduksi, organ pencernaan, dan organ ekskresi.

Mantel

Mantel yang menyelubungi massa viseral membentuk rongga mantel yang berisi sebuah cairan. Cairan tersebut adalah tempat yang berperan sebagai tempat lubang insang, lubang ekskresi, dan juga anus.

Hewan mollusca bercangkang memiliki mantel yang dapat menyekresikan bahan penyusun cangkang mereka.

Klasifikasi Mollusca

Mengutip buku Klasifikasi Hewan karya Lilis Sri Astuti, terdapat 3 kelas dalam filum mollusca https://www.detik.com/tag/hewan, yaitu:

Lamellibranchiata

Lamellibranchiata merupakan kelas yang mencakup hewan mollusca bangsa kerang. Salah satu contoh hewan mollusca kelas lamellibranchiata adalah Meleagrina margaritifera. Beberapa ciri dari kelas ini adalah:

- Hidup di dasar laut, dasar sungai, dan dasar kolam

- Tubuh terdiri atas kaki yang berada di tengah tubuh. Terdapat dua insang yang mengapit kaki tersebut

- Tubuh diselimuti oleh mantel serta dilindungi oleh cangkang dari zat kapur

- Lubang mulut lamellibranchiata terletak di muka kaki, tepatnya di bagian otot penutup depan.


Cephalopoda

Cephalopoda merupakan kelas bagi hewan mollusca yang memiliki kaki di kepalanya. Beberapa hewan cephalopoda adalah Octopus (gurita), Loligo (cumi-cumi), dan Sepia (gurita). Ciri-ciri kelas cephalopoda adalah sebagai berikut:

- Hidup di laut

- Tidak memiliki cangkang di luar tubuh, cangkang terdapat di dalam tubuhnya

- Tubuh terdiri atas kepala dan kaki. Keduanya dihubungkan oleh organ tubuh lain, yaitu leher.

- Insang merupakan organ pernapasannya

• Sirip dan tentakel digunakan sebagai alat gerak yang dapat menangkap makanan

• Ketika terancam bahaya, hewan dalam kelas ini akan mengeluarkan zat pewarna dari rongga mantel

Gastropoda

Gastropoda merupakan sekumpulan hewan mollusca yang memiliki kaki di perut. Contoh hewan gastropoda adalah Vivipara javanica (siput yang umumnya hidup di sawah), Melania testudinaria (siput), dan Helix Aspersa (keong atau bekicot). Kelas gastropoda memiliki ciri-ciri:

- Hidup di air laut, air tawar, dan darat

- Cangkangnya berbentuk kerucut

- Terdapat alat peraba di kepalanya. Pada alat peraba tersebut ada sebuah titik mata di ujungnya yang berfungsi untuk membedakan antara gelap dan terang

- Pada mulutnya terdapat lidah yang kasar

- Paru-paru sebagai alat pernapasan

- Makanannya adalah tumbuhan

Nah, berdasarkan ciri-ciri mollusca dan klasifikasi di atas, apa saja nih hewan-hewan mollusca yang biasa detikers temukan sehari-hari?



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia