8 Ciri-ciri Filum Coelenterata, Klasifikasi dan Contohnya

Afifah Rahmah - detikEdu
Senin, 09 Mei 2022 17:30 WIB
ubur-ubur telur ceplok
Ubur-ubur masuk dalam klasifikasi filum Coelenterata Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Coelenterata merupakan bagian dari kingdom Animalia yaitu invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang. Filum coelenterata atau dikenal juga dengan cnidaria terdiri dari beraneka ragam bentuk dengan jumlah yang sangat besar, tapi sebagian diantaranya telah punah.

Penasaran, apa yang dimaksud coelenterata dan apa contoh hewan dalam filum ini? Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian dan Ciri Filum Coelenterata

Mengutip dari Modul Paleontologi Kelas X yang diterbitkan Kemdikbud (2013), istilah coelenterata berasal dari bahasa Yunani yaitu kata "coelos" yang berarti lubang dan enteron (jeroan).

Secara umum coeles juga diartikan sebagai kelompok hewan berongga. Jadi, dari pengertian di atas artinya coelenterata adalah hewan invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang yang juga dikenal sebagai hewan berongga.

Masih dalam sumber yang sama, disebutkan bahwa sebagian besar hewan dalam golongan ini hidup dalam air laut dan hanya beberapa jenis yang hidup di air tawar. Yuk mengenal lebih jauh tentang coelenterata.

8 ciri-ciri coelenterata adalah:

  1. Dapat hidup berkoloni maupun soliter
  2. Dindingnya terdiri dari dua lapis sel yaitu lapisan epidermis (luar) dan endodermis (dalam).
  3. Sepanjang sumbu oral dari mulut sampai dasar memiliki simetri radial dan biradial
  4. Coelenteron, semacam kantong yang dilapisi endodermis
  5. Terdapat berbagai jaringan urat dan daging
  6. Mulutnya dikelilingi tentakel-tentakel
  7. Rangkanya terbuat dari bahan tanduk atau gambringan
  8. Regenerasi atau berkembangbiak secara seksual


Klasifikasi Filum Coelenterata

Berdasarkan perkembangan hidup, perbedaan struktur tubuh hingga cara regenerasinya, filum coelenterata terbagi ke dalam beberapa klasifikasi sebagai berikut:


1. Hydrozoa

Hydrozoa merupakan klasifikasi pertama dari filum Coelenterata muncul sejak zaman Kambrium sampai Resen. Anggota dari klasifikasi ini dapat hidup berkoloni maupun soliter. Selain itu, hydrozoa merupakan hewan akuatik yang habitatnya di perairan dengan bentuk polip.

Polip memiliki bagian tertutup yaitu pada alas dan terbuka di bagian atas. Di bagian mulutnya terdapat tentakel-tentakel yang dilapisi sel-sel nematocysts. Contoh hewan coelenterata pada klasifikasi hydrozoa yaitu Hydra sp.


2. Scyphozoa

Klasifikasi ini muncul di periode Kambrium sampai Kapur. Golongan ini dikenal sebagai pembentuk terumbu yang sudah punah. Hidupnya di laut serupa dengan koral dan bisa membentuk lapisan tebal atau berlapis-lapis.

Ciri-ciri klasifikasi scyphozoa yaitu tubuhnya seperti mangkuk dan siklus hidupnya terdiri dari polip dan medusa. Contoh hewan dari klasifikasi ini yaitu Aurelia aurita (ubur-ubur)


3. Anthozoa

Anggota kelas anthozoa memiliki bentuk yang serupa dengan bunga. Mereka biasanya hidup dalam lautan tropis di kedalaman rata-rata 100 m. Klasifikasi ini mencakup koral yang membentuk rumah dan anemon laut.

Golongan anthozoa mengalami fase polip namun tidak mengalami fase medusa karena telah tereduksi. Contoh hewan coelenterata golongan Anthozoa adalah Metridium (anemon laut).

Nah, itu tadi ciri-ciri coelenterata dan beberapa contoh hewan yang masih ada saat ini maupun yang sudah punah. Dari contoh yang disebutkan tadi, pernahkah kamu melihat salah satunya, detikers?



Simak Video "Beda Pandangan PBNU dan MUI soal Hukum Kurban Hewan Terjangkit PMK "
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia