Ramai Tes Love Language, Kamu Termasuk Tipe Quality Time atau Receiving Gifts?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Selasa, 12 Jul 2022 21:00 WIB
Drama Korea Link: Eat, Love, Kill
Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Akhir-akhir ini love language jadi bahan perbincangan banyak orang, khususnya di media sosial TikTok. Bagaimana seseorang mengekspresikan rasa sayang kepada sekitarnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan keluarga, cara penyampaian ini disebut dengan konsep love language.

Masing-masing orang mengekspresikan rasa sayangnya kepada sekitar dengan cara yang berbeda-beda. Dikutip dari Psychology Today, terdapat lima jenis love language yang dimiliki tiap orang. Masing-masing jenis memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan perasaan mereka, berikut penjelasannya:

5 Jenis Love Language

1. Words of Affirmation

Words of Affirmation berarti memberikan kata-kata yang suportif kepada orang yang kamu sayang, baik itu keluarga, teman, maupun pasangan. Mereka yang memiliki love language ini cenderung suka diapresiasi melalui kata-kata.

2. Act of Service

Orang dengan love language act of service biasanya menunjukkan rasa sayang mereka dengan cara membantu orang terdekat. Sebaliknya, mereka akan merasa disayangi ketika menerima bantuan orang lain.

3. Receiving Gifts

Receiving gifts artinya menerima hadiah. Love language yang satu ini biasa dimiliki oleh orang yang gemar memberikan hadiah kepada orang terdekatnya, mereka menunjukkan rasa sayangnya dengan menghadiahi sesuatu.

4. Quality Time

Seseorang yang memiliki love language quality time cenderung senang menghabiskan waktu bersama. Bagi mereka hal tersebut menjadi sesuatu yang berharga dan cara mengekspresikan rasa sayangnya kepada orang terdekat.

5. Physical Touch

Sesuai dengan artinya, love language physical touch berarti senang melakukan kontak fisik dengan orang terdekat. Menurut mereka, kontak fisik menjadi satu cara dalam menunjukkan rasa sayang mereka.

Cara Melakukan Test Love Language

Bagi kalian yang penasaran tentang love language bisa segera melakukan test pada beberapa website. Test dapat dilakukan dengan bahasa Inggris maupun Indonesia, berikut beberapa test yang dapat kamu coba.

1. Satu Persen

Test love language Satu Persen dapat kamu akses di satupersen.net. Test ini dilakukan dalam bahasa Indonesia, nantinya kamu akan menjawab 21 pertanyaan dengan masing-masing 2 pilihan jawaban.

2. IDRlabs

Jika kamu ingin mengetahui love language kamu dan tidak masalah dengan penggunaan bahasa Inggris, kamu bisa langsung mengakses idrlabs.com. Pada website ini, kamu diwajibkan menjawab sebanyak 35 pertanyaan dengan opsi jawaban yang setuju dan tidak setuju.

Caranya, kamu bisa membuka laman tersebut dan pilih menu take tests, lalu klik love styles dan jawab 35 pertanyaan yang disediakan. Setelah selesai, hasil dari tes love language kamu akan langsung muncul.



Simak Video "Enggak Cuma BBM, Indonesia Bisa Gunakan 3 Sumber Energi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia