Apa Saja Komponen Utama Penyusun Sel Makhluk Hidup? Ini Jawabannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 11:30 WIB
Bakteri Berkomunikasi untuk Menyerang Kolektif Sel Tubuh
Foto: DW (SoftNews)/Apa Saja Komponen Utama Penyusun Sel Makhluk Hidup? Ini Jawabannya
Jakarta -

Tahukah kamu jika seluruh makhluk hidup yang bernapas memiliki sel-sel di dalamnya. Menurut pengamatan dari Theodor Schwann, sel memiliki unit struktur terkecil pada makhluk hidup. Lalu, apa saja komponen utama penyusun sel makhluk hidup?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu sel. Mengutip dari Modul Belajar Mandiri Biologi dijelaskan bahwa sel adalah unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup dan merupakan tempat terselenggaranya fungsi kehidupan.

Dalam perkembangannya, Rudolph Virchow mengemukakan bahwa sel merupakan unit pertumbuhan bagi makhluk hidup. Di mana semua sel adalah berasal dari sel-sel sebelumnya. Sel menjadi hereditas makhluk hidup ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendorong penemuan unit-unit sifat dalam kromosom.

Menariknya, di dalam sel terdapat komponen berbahan kimia dan organel sel. Pada dalam sel yang hidup juga mengandung berupa senyawa kimiawi yang berasal dari aktivitas sel yang disebut sebagai biomolekul. Teknisnya, seluruh sel saling berhubungan secara sistematis dan terukur sebagai ciri dari kehidupan.

Komponen Utama Penyusun Sel Makhluk Hidup

Nah, sebenarnya ada banyak sekali komponen dalam sel makhluk hidup. Akan tetapi, umumnya dikenal ada lima komponen utama penyusun sel makhluk hidup. Berikut penjelasannya:

1. Dinding Sel

Dinding sel adalah komponen sel yang terdapat pada sel tumbuhan. Oleh karena itu, sel hewan tidak memiliki komponen ini. Dinding sel menentukan bentuk sel, berfungsi sebagai penguat dan melindungi protoplas.

Dinding sel mempunyai ketebalan yang bervariasi tergantung umur dan atau tipe sel. Pada umumnya sel yang masih muda berdinding tipis dan sel yang dewasa berdinding lebih tebal. Tetapi ada beberapa sel yang tidak mengalami penebalan dinding.

2. Membran Plasma

Membran plasma atau yang sering disebut sebagai membran sel adalah selaput terluar sel yang tersusun dari molekul lipoprotein (fosfolipida dan protein) dan molekul-molekul lain yang menyempurnakan struktur membran plasma.

Protein pada struktur membran plasma tersebut berupa protein intrinsik (integral) merupakan protein yang berada di sela-sela phospholipida, dan protein ekstrinsik (perifer) merupakan protein yang terdapat di permukaan phospholipid.

3. Fosfolipid

Secara konseptual, membran plasma tersusun secara vertikal atas fosfolipida bilayer sebagai lapisan lemak yang terikat pada fosfat. Fosfolipid merupakan molekul fosfat (bagian kepala) dan molekul lemak (bagian ekor) yang mirip dengan kepala dan ekor.

4. Protein Membran

Protein membran adalah protein yang terdapat pada membran sel. Protein dalam fosfolipid dapat mencapai lebih 50% dari berat membran tersebut. Hal ini terjadi karena struktur protein yang lebih besar dan kompleks dibandingkan lemak. Kemudian, protein membran sendiri terdiri atas dua hal, yakni protein integral dan protein perifer.

5. Inti Sel

Inti sel atau bahasa ilmiahnya adalah nukleus adalah komponen sel bermembran yang bentuknya bulat dan lonjong. Tahukah kamu jika posisi dari inti sel pada sitoplasma ada di tengah, namun sel tumbuhan acap kali terletak agak ke tepi sitoplasma.

Jadi kesimpulannya, ada lima komponen utama penyusun sel makhluk hidup. Selamat belajar!



Simak Video "Zelenskiy Bantah Tuduhan Rusia tentang Program Senjata Biologi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia