10 Kota Ternyaman di Dunia untuk Ditinggali, Referensi buat Kuliah di Luar Negeri

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 03 Jul 2022 19:00 WIB
Bianglala Wina, Austria
Foto: (Dok. Wiener Riesenrad)/10 Kota Ternyaman di Dunia untuk Ditinggali
Jakarta -

Pernahkah memiliki impian tinggal di sebuah kota ternyaman di dunia? Beberapa kota di Eropa dikenal kenyamanannya karena memiliki fasilitas lengkap dan mudah serta minim akan kejahatan.

Mengutip CNN, Economist Intelligence Unit (EIU) dan Global Liveability Index 2022 telah merilis peringkat tahunan 173 kota paling layak huni di dunia.

Peringkat tersebut dinilai berdasarkan berbagai faktor, termasuk perawatan kesehatan, tingkat kejahatan, stabilitas politik, infrastruktur, dan akses ke ruang hijau.


Eropa Mendominasi

Secara keseluruhan, Eropa mendominasi daftar peringkat dengan lima negara yang mewakili di 10 besar. Peringkat pertama sebagai kota paling layak huni di dunia adalah Wina, Austria.

Posisi kedua dan ketiga menjadi milik Kopenhagen, Denmark dan Zurich, Swiss. Dalam 10 besar, Swiss menjadi satu-satunya negara yang mewakili dua kotanya. Selain Zurich, ada kota Jenewa, Swiss di posisi keenam.

Meskipun Eropa mendominasi pada tahun 2022, namun ada dua kota besar yang hilang dari peringkat tahun lalu yakni London dan Paris.

Peningkatan biaya hidup di dua kota tersebut berperan dalam turunnya peringkat mereka dalam daftar Global Liveability Index 2022.

Sementara peringkat pertama tahun lalu yakni Auckland, Selandia Baru justru mengalami terjun peringkat hingga keluar dari 10 besar. Bahkan Auckland hanya menempati posisi ke-34 pada tahun 2022 ini.

10 Kota Paling Nyaman di Dunia untuk Dihuni:


1. Wina, Austria


2. Kopenhagen, Denmark


3. Zurich, Swiss


4. Calgary, Kanada


5. Vancouver, Kanada


6. Jenewa, Swiss


7. Frankfurt, Jerman


8. Toronto, Kanada


9. Amsterdam, Belanda


10. Osaka, Jepang dan Melbourne, Australia.


Nah, itulah 10 kota paling nyaman di dunia untuk dijadikan tempat tinggal. Apakah ada kota yang ingin kamu kunjungi untuk belajar?



Simak Video "Warga Lokal di IKN Bakal Diberi Pelatihan, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia