ADVERTISEMENT

Mengenal Istilah Crazy Rich dan Sosok Nyatanya di Indonesia

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 16:30 WIB
A posh young woman reclining on a deck chair with her hands behind her head
Apa itu Crazy Rich? Berikut pengertian Crazy Rich dan sosok Crazy Rich di Indonesia. Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Istilah Crazy Rich telah lama digunakan sebagai julukan bagi orang-orang yang memiliki jumlah kekayaan berlimpah. Mereka yang memiliki julukan tersebut berasal dari ragam kalangan, mulai dari artis, pejabat hingga pengusaha.

Mengutip dari Urban Dictionary, pengertian Crazy Rich adalah sebutan bagi orang-orang yang sangat kaya dan dapat membeli apapun dengan mudah, bahkan barang yang sangat mahal sekalipun. Crazy Rich juga dapat merujuk pada citra beberapa orang di media sosial.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa orang yang memiliki julukan Crazy Rich. Dikutip dari Forbes, berikut 5 orang Crazy Rich asal Indonesia:

Crazy Rich Indonesia

1. Robert Budi dan Michael Hartono

Biasa dikenal dengan Hartono bersaudara, keduanya merupakan pemilik dari Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan rokok Djarum. Mereka menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan total kekayaan sebesar USD 42.6 miliar atau setara dengan Rp 636 triliun.

2. Keluarga Widjaja

Crazy Rich urutan kedua yaitu keluarga Widjaja. Keluarga ini merupakan pemilik Sinar Mas Group sebuah grup bisnis di Indonesia yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis, makanan, keuangan, developer, real estate, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, sampai kesehatan dan pendidikan. Total kekayaan keluarga Widjaja ditaksir USD 9.7 miliar, atau hampir mencapai Rp 145 triliun.

3. Anthony Salim

Anthony Salim atau Liem Hong Sien merupakan CEO Salim Group. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, antara lain Indofood, Bogasari, hingga asuransi jiwa. Anthoni memiliki kekayaan sebesar USD 8.5 miliar yang setara dengan Rp 127 triliun.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah pendiri perusahan di bidang petrokomia dan tekstil, yaitu Indorama Corporation. Kekayaan yang dimiliki oleh Sri Prakash Lohia mencapai USD 6.3 miliar, artinya setara dengan Rp 90 triliun.

5. Chairul Tanjung

Pemilik CT Corp ini memiliki kekayaan sekitar USD 5.5 miliar atau Rp 75,79 triliun. Salah satu konglomerat Indonesia ini sempat menjadi menjadi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI pada 2014 di masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga sempat menjadi guru besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair.

Nah, itulah pengertian istilah Crazy Rich dan beberapa sosok Crazy Rich Indonesia. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat menginspirasi ya, detikers!



Simak Video "Simak Pesan CT Bagi Pemuda yang Ingin Sukses!"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia