Apa Arti Cut Off? Kata yang Viral di TikTok dan Contoh Penggunaannya

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 21:30 WIB
Logo Tiktok
Ilustrasi arti cut off yang viral di TikTok. Foto: screenshot
Jakarta -

Istilah cut off kerap diucapkan di media sosial beberapa waktu belakangan. Detikers tahu tidak,apa artinya dan kapan pertama kali digunakan?

Istilah tersebut tersusun dari dua kata dasar, yaitu cut yang merupakan verb atau kata kerja dan off yang merupakan adjective atau kata sifat. Dalam Oxford English Dictionary, cut bermakna memotong. Sementara, off artinya mati.

Apabila dipadukan, dalam kamus Oxford Learners Dictionaries cut off adalah memotong suatu pembicaraan, menghentikan sesuatu, mencegah seseorang meninggalkan/mendatangi suatu tempat atau berkomunikasi dengan orang luar, memisahkan sesuatu dari bagian yang lebih besar dengan cara mengurangi/memotong, dan menghentikan diberikannya sesuatu kepada seseorang.

Meski memiliki banyak arti, istilah cut off kerap dituturkan dalam obrolan biasa, seperti perdebatan misalnya. Seperti apa awal mula penggunaannya?

Sejarah Istilah Cut Off

Dikutip dari Etymology Online Dictionary, istilah ini pertama kali dipakai akhir tahun 1400-an dengan makna melepaskan dengan cara memotong atau detach by cutting. Pada akhirnya, ketika tahun 1570-an cut off pun mengalami perkembangan makna menjadi "dikecualikan dari akses" serta "menyetop sesuatu".

Selanjutnya, pada 1590-an, cut off mulai diucapkan sebagai istilah untuk memotong suatu pembicaraan. Lama kemudian, pada 1840 istilah ini dipakai untuk menunjukkan jalan yang lebih ringkas atau biasa kita kenal sebagai jalan potong. Dalam bahasa Inggris, juga dikenal istilah cut off road.

Lalu, pada 1976, cut off digunakan sebagai sebutan untuk celana panjang yang dipangkas sampai pendek. Maka, dapat dikatakan istilah cut off pada umumnya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dipotong sampai pendek, baik itu dalam konteks pembicaraan, benda, atau jalan.

Contoh Penggunaan Cut Off dalam Kalimat

1. We were cut off in the middle of our conversation (pembicaraan kami dipotong di tengah-tengah).

2. Anna cut him off in mid sentence (Anna memotong pembicaraannya di tengah-tengah).

3. My explanation was cut off by loud protests (penjelasanku dipotong oleh riuhnya protes).

Itulah arti cut off, sejarah penggunaannya, dan pemakaiannya dalam kalimat. Sudah paham, detikers?



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia