ADVERTISEMENT

6 Daftar Agama dengan Pengikut Terbanyak di Dunia 2022, Islam Urutan Kedua

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 09:30 WIB
Ilustrasi pernikahan beda agama.
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Agama terbesar dengan pengikut terbanyak di dunia mencapai 2,38 miliar orang yaitu Kristen. Sementara itu, di posisi kedua ada agama Islam. Menurut World Population Review, menentukan jumlah agama di seluruh dunia merupakan tugas yang sulit.

Mereka yang memiliki agama selalu percaya ada yang lebih kuat. Tuhan atau dewa-dewa, misalnya. Kepercayaan itu bergantung pada agama yang dianut.

Dalam situs tersebut, dijelaskan sebanyak 85% orang di dunia memiliki agama. Dikatakan juga ada 1,2 miliar orang di dunia yang tidak menganut agama. Mereka juga menganut ateisme yang diterapkan dalam kehidupannya.

Daftar Urutan Agama dengan Pemeluk Terbanyak di Dunia

1. Kristen

Agama dengan pemeluk terbanyak di dunia pada tahun 2022 adalah Kristen. Agama ini dianut oleh hampir 2,4 miliar orang serta terbagi menjadi teologi Barat dan Timur.

Kristen memiliki sebanyak enam cabang yang dipilih tiap pemeluknya. Cabangnya adalah Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

Di negara Vatikan dan Kepulauan Pitcairn hampir seluruh masyarakatnya memeluk agama Kristen. Sedangkan di negara-negara lainnya seperti Armenia, Barbados, Venezuela, Peru, penduduk yang menganut agama Kristen mencapai persentase 93 persen.

2. Islam

Selanjutnya adalah agama Islam. Dikutip dari Britnnica, agama Islam menempati posisi kedua dengan pemeluk terbanyak sebesar 1,8 miliar pengikut. Di Maldives, Arab Saudi dan Mauritania pemeluk Islam mencapai 100 persen. Sedangkan di negara-negara lainnya, penganut Islam berkisar 95 persen, contohnya seperti Kuwait, Iran, Sudan, Pakistan, Turki, dan Afganistan.

3. Hindu

Agama Hindu menjadi agama dengan pemeluk terbanyak ketiga di dunia yang jumlahnya mencapai 1,1 miliar pengikut. Terdapat empat bagian utama agama Hindu, yaitu Shaktism, Vaishnavism, Smartism, dan Shaivism.

Di India, pengikut agama Hindu mencapai 1,053 miliar orang. Selanjutnya ada Nepal dengan rasio 81,3 persen.

4. Buddha

Agama dengan pengikut terbanyak selanjutnya adalah Buddha. Agama Buddha dianut sekitar 500 juta orang di seluruh dunia dan 250 juta orang di China. Agama ini berasal dari India berdasarkan ajaran Sang Buddha.

Agama Buddha ditemukan 2,500 tahun lalu dan dibagi ke dalam dua aliran yaitu Theravada dan Mahayana.

5. Agama Lain

Menurut situs Britannica, ada beberapa agama lain yang memiliki jumlah pengikut mencapai jutaan, yaitu:

1. Shinto, jumlah pengikut agama Shinto mencapai 104 juta. Agama ini secara resmi didirikan di Jepang pada abad ke-8 Masehi.

2. Sikhisme, agama Sikshisme memiliki pengikut sebanyak 25 juta. Agama ini tergolong baru jika dibandingkan agama-agama lainnya, karena didirikan di India tahun 1500-an.

3. Yudaisme merupakan agama dengan jumlah pengikut sebanyak 14 juta. Didirikan di Timur Tengah, agama ini ada sekitar abad ke-8 Masehi.

4. Daoisme memiliki 12 juta pengikut dan berasal dari Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Daoisme juga dikenal sebagai Taoisme.

5. Muisme merupakan agama dengan jumlah 10 juta pengikut. Agama yang satu ini menjadi salah satu agama tertua di dunia dengan kepercayaan terkait budaya dan sejarah tradisional di Korea. Pengikut Muisme mengklaim kepercayaan kuat pada dunia roh.

6. Cao Dai, agama yang satu ini memiliki 4,4 juta pengikut dan berasal dari Vietnam. Ada sejak tahun 1926, Cao Dai didirikan oleh Ngo Van Chieu yang mengklaim dirinya telah menerima pesan dari sosok dewa.

Nah, itulah daftar agama dengan pemeluk terbanyak di dunia. Bagaimana menurut kalian, detikers?



Simak Video "Momen Kepanikan Warga Israel Saat Sirene di Tel Aviv Berbunyi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia